Alasan Mengapa Geotextile Pilihan Terbaik Untuk Bahan Konstruksi

Geotextile adalah bahan permeable yang ketika di gunakan dalam hubungan dengan tanah, memiliki kemampuan untuk memisahkan, menyaring, mempekuat, melindungi, atau mengeringkan. Biasanya dibuat dari Polypropylene atau Polyester, kain Geotextile datang dalam tiga bentuk dasar yaitu, anyaman, jarum ditinju, atau terikat panas. Berikut adalah Alasan Mengapa Geotextile Pilihan Terbaik Untuk Bahan Konstruksi.

1. Geotextile Sangat Cocok Untuk Bahan Dasar Konstruksi

Alasan kenapa geotextile adalah bahan dasar yang cocok untuk konstruksi adalah karena geotextile bisa menahan beban yang cukup besar. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan seorang ilmuan. Dan hasilnya cukup memuaskan. Silahkan cek artikelnya di fungsi dan penerapan geotextile dalam bidang konstruksi.

2. Geotextile Memiliki Kekuatan Tarik Yang Cukup Tinggi

Woven Geotextile merupakan lembaran geotextile berbahan dasar serat sintetis tenunan dengan fitur tambahan yaitu anti ultra violet dengan kekuatan tarik yang tinggi. Bahan baku materialnya terbuat dari Polypropylene Polymer dan ada juga yang terbuat dari Polyester yang memang memiliki kekuatan tarik yang tinggi. Hal ini menyebabkan geotextile cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar untuk penahan tanah miring sehingga mengurangi resiko terjadinya bencana longsor atau sekedar terjadinya pengikisan tanah oleh air maupun angin.

3. Bisa Digunakan Sebagai Filter

Anda tidak akan keliru pada saat memilih bahan Geotextile sebagai bahan konstruksi untuk proyek Subdrain atau Drainase bawah tanah. Karena salah satu fungsi dari Geotextile itu sendiri adalah untuk memfilter atau menyaring sehingga bisa mencegah terbawanya partikel-partikel tanah pada aliran air.

4. Cocok Untuk Proyek Jalan Yang Berlumpur

Bahan Geotextile yang bisa digunakan adalah jenis Non Woven. Karena fungsinya adalah seabagai pencegah tercampurnya lapisan material satu dengan yang lainnya. Pada penggunaan satu ini biasa berfungsi sebagai pemisah. Dengan menggunakan geotextile sebagai bahan dasar konstruksi jalan yang berlumpur dan tidak menyatu, sehingga konstruksi jalan tidak akan mudah rusak.

5. Cocok pada Tanah Yang Berbukit

Sesuai fungsinya sebagai penguat, maka tentunya bahan dasar Geotextile akan sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar konstruksi dan bisa diterapkan pada jenis tanah yang berbukit. Fungsi dari Geotextile adalah sebagai stabilisator, maka akan sangat cocok untuk menstabilkan bentuk tanah yang tidak beraturan. Dengan begitu maka akan mengurangi atau memperkecil resiko terjadinya kegagalan proyek atau bencana yang tidak terencanakan.

6. Bahan Geotextile Yang Mudah Ditemukan

Bahan geotextile yang mudah untuk ditemukan karena memang bahan dasar konstruksi ini adalah salah satu jenis bahan dasar konstruksi yang populer saat ini. Selain sudah tidak asing lagi, bahan konstruksi ini juga sudah terjamin kualitasnya.

7. Bisa Digunakan sebagai Pelindung

Manfaat yang lain dari geotextile adalah sebagai pelindung. Intinya adalah geotextile biasanya digunakan sebagai pengganti karung goni. Biasanya dimanfaatkan dalam system curing beton, digunakan untuk menghindari terjadinya retakan-retakan pada sistem pengeringan batu beton.

Sumber : https://maxprokurnia.co.id http://indotexbangunmandiri.com/2018/03/27/7-alasan-geotextile-sebagai-pilihan-bahan-konstruksi-terbaik/

Baca juga : https://maxprokurnia.co.id/blog/2019/07/09/kelebihan-cocomesh-jaring-sabut-kelapa/ https://maxprokurnia.co.id/blog/2019/07/09/geopipe/  https://maxprokurnia.co.id/blog/2019/07/08/kelebihan-geotube/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *