Apa Itu Vertical Garden

Pengertian Vertical Garden

Vertical garden adalah konsep tanaman yang disusun sedemikian rupa secara tegak lurus dalam waktu yang relatif lama. Secara umum, teknik penanaman vertical garden hampir mirip dengan tanaman hidroponik, yaitu tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya.

Keuntungan Menggunakan Vertical Garden

Dengan menggunakan teknik menanam ala vertical garden, maka anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu :

  1. Tumbuhan yang disusun vertikal dapat meningkatkan kualitas udara yang masuk layaknya tanaman yang ditanam secara normal. Dengan demikian, anda dapat menghirup udara yang lebih segar.
  2. Tumbuhan yang disusun vertical dapat mempercantik tampilan rumah anda. Dengan menggunakan teknik ini, Anda bisa membuat variasi penanaman dengan berbagai jenis tanaman yang Anda inginkan. Selain itu, vertical garden juga bisa digunakan untuk menutupi tembok yang sekiranya sudah lapuk karna dapat menambah keindahan.
  3. Keuntungan yang paling besar yang bisa kita dapatkan dari penaman secara vertical adalah kepraktisannya. Dengan membuat vertical garden, maka lahan yang Anda miliki tidak terbuang, namun Anda tetap bisa mendapatkan semua keuntungan yang didapatkan oleh sebuag tanaman, mulai dari penyejukan udara sampai sisi keindahan estetika.

Jenis Tanaman Yang Cocok Ditanam Secara Vertical

Setelah Anda mengetahui beberapa keuntungan dari menanam vertical, apakah anda tau, tanaman apa saja yang cocok untuk ditanam secara vertical? mari simak beberapa infonya dibawah ini :

  1. Jika Anda ingin membuat vertical garden di dalam ruangan, sebaiknya pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh atau bisa juga dengan memaksimalkan cahaya lampu di dalam ruangan. Cahaya lampu dapat berperan sebagai pengganti sinar matahari buatan bagi tanaman.
  2. Pilihlah tanaman yang mempunyai keseimbangan bagus antara akar dan tajuknya. Jika tanaman dengan tajuk yang kecil akan membuat akar menjadi lebih kuat dalam menopang daun, sehingga daun menjadi tidak mudah layu. Akar tanaman yang kuat tentu sangat penting dalam perkembangan vertical garden.
  3. Biasanya, tanaman yang bagus untuk menggunakan teknik vertical drain adalah tanaman Perdu atau rumput-rumputan, seperti suplir, phytonia, bromelia, kadaka, sirih, gadung, tanduk menjangan, dan lain-lain.
Apa Itu Vertical Garden
Apa Itu Vertical Garden

 

Apa Itu Vertical Garden
Apa Itu Vertical Garden

Sumber artikel : https://bibitonline.com/artikel/vertical-garden-keuntungan-jenis-tanaman-dan-cara-membuatnya

Baca juga :

  1. Pengertian GEOCELL
  2. Apa Perbedaan Geotextile Woven & Non Woven?
  3. PLASTIK COR

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *