English EN Indonesian ID

Apa Perbedaan Geotextile Woven & Non Woven?

Dipublikasikan oleh Salsabila Yona Praweswary pada

Geotextile mempunyai banyak jenis, ada geotextile non woven,woven,woven multifilament, dan non woven continous. Diantara jenis-jenis nya mereka mempunyai perbedaan lho. Kali ini yang akan dibahas adalah perbedaan Geotextile Woven dan Non Woven.

 

Geotextile Woven

Geotextile Woven adalah salah satu dari macam dari jenis geosynthetics yang dibuat dari bahan dasar serat sintetis yang di tenun (sliim film) geotextile jenis ini mirip dengan karung plastik, tetapi dengan fungsi dan bahan yang sangat berbeda. Geotextile jenis ini di gunakan sebagai perkuatan yang memerlukan tensile strength yang cukup tinggi.

Geotextile jenis ini umum di gunakan di pengerjaan proyek perkuatan jalan dan sebagai stabilisasi tanah yang sangat efektif dan efisien. Geotextile ini dibuat dalam beberapa tipe yang dilihat dari berat/gramasi per m2-nya. Semakin tinggi berat/gramasi per m2-nya, maka semakin tinggi daya kuat tariknya. Pemilihan jenis atau tipe  tergantung dengan keadaan tanah dasar, kegunaan & juga beban yang direncanakan.

Geotextile Non Woven

Geotextile Non Woven merupakan salah satu jenis geotextile yang berbentuk lembaran dan tak beranyam (non woven) yang dibuat dari serat-serat polymer yang berbahan dasar polypropylene / polyester dan geotextile jenis ini umum di gunakan dan banyak sekali pengunaannya seperti sparasi filtrasi dan proteksi dan dapat di gunakan sebagai bahan dasar geobag . Jenis geotextile inilah yang umum sekali digunakan .

Geotextile Non Woven

Geotextile jenis ini umum di gunakan di pengerjaan proyek perkuatan jalan dan sebagai stabilisasi tanah yang sangat efektif dan efisien. Geotextile ini dibuat dalam beberapa tipe yang dilihat dari berat/gramasi per m2-nya. Semakin tinggi berat/gramasi per m2-nya maka semakin tinggi daya kuat tariknya. Pemilihan jenis atau tipe  tergantung dengan keadaan tanah dasar, kegunaan & juga beban yang direncanakan.

Nah,jadi itu tadi perbedaan antara Geotextile Woven dan Non Woven. Untuk segi fungsi keduanya tidak berbeda jauh. Perbedaan yang mencolok terlihat pada bentuk dan nama nya. Semoga artikel ini selalu bermanfaat ya 😀

 

Sumber :

  • maxprokurnia.co.id/product/geotextile-non-woven/
  • maxprokurnia.co.id/product/geotextile-woven/

 

Artikel Lainnya :

 

Topik Terkait :

spesifikasi geotextile woven,perbedaan geotextile dan geomembrane,pengertian geotekstil dan fungsinya,perbedaan background woven dan nonwoven,spek geotextile non woven,non woven indonesia

 

Please rate this


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *