English EN Indonesian ID

Telah Ditemukan! Solusi Mengatasi Abrasi dengan Geosynthetic!

Dipublikasikan oleh Salsabila Yona Praweswary pada

Pemanasan global yang sedang terjadi saat ini membuat glaster es di kutub utara maupun selatan mencair. Akibatnya,volume air meningkat dan berdampak pada naiknya gelombang laut. Nah,peristiwa ini berkaitan dengan AbrasiApa itu Abrasi? Abrasi adalah  proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi bisa juga disebut erosi pantai. Penambangan pasir pantai besar-besaran dan faktor alam seperti pasang surut air laut akibat angin laut yang berkekuatan besar juga dapat menjadi penyebab abrasi lho.

Foto Abrasi di Pantai

Abrasi ini sangat merugikan terutama untuk warga pesisir. Abrasi parah dapat menimbulkan dampak berupa rusak nya rumah dan bangunan disekitar area yang terkena abrasi ini. Tidak jaarang juga abrasi ini menyebabkan jalan-jalan utama yang berdekatan dengan area abrasi menjadi terputus.

Solusi Mengatasi Abrasi

Setiap ada masalah sudah pasti ada cara untuk menyelesaikannya. Abrasi ini tetap dapat diatasi kok. Salah satunya pemeliharaan pohon bakau disekitar area pantai. Pohon bakau memang lazim di tanam di daerah sekitar pantai.

Nah,sekarang ada cara untuk mengatasi abrasi menggunakan bahan geosynthetic lho. Biasanya bahan Geosynthetic yang digunakan untuk mengatasi abrasi adalah Geobag. Udah ada yang tahu belum apa itu Geobag? Geobag adalah material yang terbuat dari bahan geotextile non woven yang di buat menjadi kantung yang di jahit khusus dengan presisi dan dalamnya  diisi pasir atau tanah yang kemudian dijahit.

Geobag

Fungsi & Kelebihan Geobag

Geobag ini memiliki fungsi sebagai penahan atau pemecah gelombang laut. Biasanya memang dipasang di tepi laut membentuk seperti tanggul. Jadi produk ini akan sangat cocok untuk mengatasi abrasi pantai. Geobag juga dapat di aplikasikan di konstruksi lahan basah dan tanggul penahan material timbunan.

Geobag ini juga mempunyai kelebihan,yaitu  mampu meredam gelombang laut, sebagai dinding penahan yang efektif, material yang digunakan untuk pengisian berasal dari pasir sekitar, serta lebih efisien dan efektif.

 

Jadi geobag sangat direkomendasikan untuk mengatasi abrasi yang sering terjadi. Selain karena efisien,dia juga sangat praktis untuk digunakan. Disini kami juga menyediakan geobag yang berkualitas dengan harga terjamin bersahabat. Lebih baik melakukan pencegahan daripada harus memperbaiki kerusakan bukan 😉 .

 

Sumber :

  • ilmugeografi.com/ilmu-bumi/laut/abrasi-pantai
    id.wikipedia.org/wiki/Abrasi

Please rate this


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *