English EN Indonesian ID

Apa Perbedaan Geogrid Biaxial, Uniaxial, Dan Triaxial?

Dipublikasikan oleh Salsabila Yona Praweswary pada

Dalam dunia Geosynthetic, banyak sekali terdapat jenis-jenis pembagian produknya dengan kegunaan masing-masing. Banyak orang yang menggunakan geosynthetic untuk keperluan konstruksi, karena geosynthetic saat ini mudah didapatkan dan cenderung lebih praktis dalam penggunannya. Salah satunya adalah Geogrid. Geogrid sangat populer dalam kegunaanya untuk proteksi pada lereng dan dinding penahan tanah. Kekuatan dari Geogrid ini tidak diragukan lagi.

 

 

Gambar Geogrid Unixial

 

Perbedaan Jenis-Jenis Geogrid

Geogrid juga mempunyai beberapa jenis. Ada Unixial, Biaxial, dan Triaxial. Dari ketiga jenis Geogrid itu sudah pasti mempunyai perbedaan satu sama lain. Berikut ini adalah pembahasan tentang perbedaan Geogrid dari segi bentuk dan fungsinya.

 

Geogrid Uniaxial

 

Geogrid Uniaxial ini memiliki bentuk bukaan tunggal,seperti gambar diatas. Berfungsi sebagai material perkuatan pada sistem konstruksi dinding penahan tanah (Retaining Wall) dan perkuatan lereng (Slope reinforcement). Ini yang sangat umum digunakan,karena kekakuannya sangat baik untuk konstruksi proteksi di daerah lereng.

 

 

 

 

 

Geogrid Biaxial

 

Berbeda dengan Uniaxial, Geogrid Biaxial ini berbentuk persegi pada setiap bukaan ruasnya. berfungsi sebagai stabilisasi tanah dasar. Seperti pada tanah dasar lunak (soft clay maupun tanah gambut). Metode kerjanya adalah interlocking, yang artinya mengunci agregat (bebatuan kecil) yang ada di atas Geogrid sehingga lapisan agregat tersebut lebih kaku, dan mudah dilakukan pemadatan.

 

 

 

Geogrid Triaxial

 

Yang terakhir ada Geogrid jenis Triaxial. Geogrid ini berbentuk segitiga pada setiap bukaan ruasnya. Fungsinya Geogrid Triaxial ini  sama dengan Biaxial, yaitu sebagai material untuk stabilisasi tanah dasar yang lunak, hanya saja performance nya lebih baik. Hal ini dikarenakan bentuk bukaannya yang berupa segitiga lebih kaku sehingga penyebaran beban menjadi lebih merata.

 

 

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan dari Geogrid

 

Dari ketiga jenis ini, penggunaan Geogrid dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari masing-masing konstruksi. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri.

 

 

 

Sumber : geotextile.web.id/geogrid-definisi-dan-fungsi.html

 

 

Please rate this


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *