English EN Indonesian ID

Mengenal lebih jauh tentang geomembrane

Dipublikasikan oleh Kartika Eka Putri pada

Definisi Geomembrane

Geomembrane, merupakan material yang mempunyai bentuk lembaran yang dibuat dari bahan High Density Poliethylene (HDPE), dan merupakan salah satu dari jenis geosynthetics.

Geomembrane memiliki tingkat impermeabilitas (kedap air) yang amat tinggi dan amat homogeny yang memiliki fungsi sebagai lapisan kedap air (impermeable liner), dan juga mampu bertahan akan sinar Ultra Violet dan bahan-bahan kimia berbahaya, membuat impermeable liner yang baik agar terhindar dari pencamaran air tanah dari limbah yang ditampung pada kolam, yang terkadang tak hanya air kotor namun juga mengandung limbah yang berbahaya.

Geomembrane sendiri memiliki kelebihan seperti:

  • 1. ketahanannya akan ultraviolet & bahan-bahan kimia yang berbahaya,
  • 2. memiliki tingkat impermeabilitas yang amat tinggi & quality control yang homogen,
  • 3. sangat efektif serta ekonomin,
  • 4. mempunyai elongasi yg besar,
  • 5. struktur yang flexible yang mampu mengurangi kemungkinan terjadinya differential settlement,
  • 6. pengerjaan konstruksi yang cepat dan mudah,
  • 7. penginstalan bisa dibentuk sesuai ukuran dan bentuk kolam.

Daftar Isi:  Geotextile Non woven, definisi dan fungsi! Semua Tentang Geobag Ada Disini! Kekurangan dan Kelebihan Geobag

Pengaplikasian Geomembrane

Geomembrane dapat diaplikasikan pada waduk buatan, saluran atau kanal, kolam penampungan air bersih, Waste Water Treatment (pengolahan air limbah), pelapisan dasar Tempat Pembuangan Akhir (TPA), reservoir, coal ash disposal, mud pit, Sanitary Landfill serta capping, Kolam hias lapangan golf, pond lining dan lain sebagainya.

 

    1. 1. KOLAM LIMBAH

    Kolam limbah adalah suatu unit instalasi pengolahan air limbah yang terdiri dari kolam Mixing Pond, Anaerobik Primer 1,  Anaerobik Primer 2, Anaerobik Sekunder 1, Anaerobik Sekunder, Fakultatif , Aerobik 1, Indikator 1, Indikator 2, Indikator 3 yang berguna sebagai tempat mengolah limbah cair (menurunkan kadar polutan hingga sesuai dengan baku mutu limbah cair) sebelum dialirkan ke lahan.

     

    1. 2. TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA)

    Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) merupakan tempat dimana sampah mencapai tahap terakhir dalam pengelolaannya sejak mulai timbul di sumber, pengumpulan, pemindahan/pengangkutan, pengolahan dan pembuangan. TPA merupakan tempat dimana sampah diisolasi secara aman agar tidak menimbulkan gangguan terhadap lingkungan sekitarnya. Karenanya diperlukan penyediaan fasilitas dan perlakuan yang benar agar keamanan tersebut dapat dicapai dengan baik.

     

    Artikel Lain nya: Jual Geobag Non Woven Pemecah gelombang pantai, Geogrid dan Geotextile. Mana Yang Memiliki Kekuatan Tarik Lebih Baik?

     

    1. 3. TAMBAK

    Tambak dalam perikanan adalah kolam buatan, biasanya di daerah pantai, yang diisi air dan dimanfaatkan sebagai sarana budidaya perairan (akuakultur). Hewan yang dibudidayakan adalah hewan air, terutama ikan, udang, serta kerang. Penyebutan “tambak” ini biasanya dihubungkan dengan air payau atau air laut.

    1. 4. PENYIMPANAN AIR BESAR (EMBUNG)

    Embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau).

     

    1. 5. POND LINING

    Pond liner adalah geomembrane kedap yang digunakan untuk retensi cairan, termasuk lapisan reservoir, bak retensi, penyumbatan permukaan berbahaya dan tidak berbahaya, kolam taman dan aliran buatan di taman dan kebun.

     

    1. 6. DANAU BUATAN

    Danau buatan adalah danau yang secara sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan air pertanian, perikanan darat, air minum, dan lain sebagainya.

    Baca Juga: Mengenal Geosintetik untuk Perbaikan Tanah, agen geobag non woven terpercaya

    Sekian artikel singkat dari kami, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mencari informasi mengenai Geomembrane, Salam sukses selalu dari kami PT. MAXPRO KURNIA MEGAH

     

     

    Please rate this