English EN Indonesian ID

Yuk Ketahui Jenis-Jenis Geomembrane!

Dipublikasikan oleh Salsabila Yona Praweswary pada

 

Geomembrane yang dikenal sebagai jenis geosynthetic ini mempunyai beberapa keunggulan yang diantaranya adalah tahan terhadap sinar Ultra Violet dan bahan-bahan kimia berbahaya lho. Dari bentuknya yang sekilas terlihat tipis,tetapi sebenarnya Geomembrane memiliki beberapa lapisan. Tidak banyak yang tahu kalau geomembrane mempunyai beberapa jenis berdasarkan bahannya lho.

 

Baca Juga :

Teknologi Proteksi Terbaik untuk Waduk Buatan

Jenis-Jenis Geomembrane

 

Seperti produk geosynthetics lainnya, geomembrane juga terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini merupakan penjelasan tentang beberapa jenis dari geosynthetics

1. Linear Low Density Polyethylene (LLDPE)

Geomembrane jenis ini dibuat dengan proses polietilena dengan tekanan dan suhu yang rendah. Geomembrane LLDPE cenderung sangat fleksibel dan mudah dibentangkan, tetapi lapisannya sedikit lebih tipis dari geomembrane jenis lain. Geomembrane ini mempunyai kelebihan dari karakterisitik bahannya yang lebih lentur, dan lebih tahan terhadap benda tajam.

2. High-Density Polyethylene (HDPE)

Merupakan geomembrane yang biasa digunakan untuk alas tambak. HDPE memungkinkan geomembrane sangat tahan terhadap korosi (kerusakan pada besi) dan dapat digunakan pada jenis air apapun, termasuk limbah pabrik.

 

3. Fleksibel Polipropilena (FPP)

Geomembrane FPP ini  mempunyai harga dan kualitas lebih baik dari jenis HDPE, tetapi geomembrane jenis ini tidak cocok diaplikasikan pada tambak. Bahan pembuatannya adalah resin yang dipolimerisasi dengan karet polietilena dan polipropilena. Geomembrane FPP biasanya digunakan pada industri besar, seperti pabrik dan sebagainya.

4. Ethyl Vinyl Acetate (EVA)

Geomembrane EVA mempunyai kualitas tiga kali lebih baik dan fleksibel dari geomembrane LLDPE. Kelebihan dari Geomembrane jenis ini yaitu dapat menahan suhu tinggi maupun rendah, serta dapat bertahan dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Pembuatan geomembrane EVA ini menggunakan bahan kopolimer etilen dan vinil asetat  yang membuatnya sedikit beraroma kurang sedap.

 

5. Polyvinyl Chloride (PVC)

Geomembrane PVC merupakan lapisan kedap air dari bahan baku PVC (Polyvinyl Chloride). Dengan impermeabilitas (tidak memungkinkan cairan atau gas apapun masuk melawatinya) tinggi dan homogen (sifat sama), tahan terhadap ultra violet dan kuat terhadap bahan kimia sehingga sangat cocok untuk lapisan kolam yang menampung limbah.
Geomembrane juga mempunyai pilihan permukaan, yaitu halus (smooth) dan kasar (texture).
Sumber :
  • www.isw.co.id/single-post/2018/02/12/Jenis-Jenis-Geomembrane
  • distributorgeotextile2016.wordpress.com/2016/03/03/definisi-geomembrane/
  • jualgeotextile.com/geomembrane/

Please rate this


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *