English EN Indonesian ID

Seputar Geocell, keunggulan dan prinsip kerja nya

Dipublikasikan oleh Kartika Eka Putri pada

Seputar Geocell, keunggulan dan prinsip kerja nya

Apa itu Geocell?

Geocell adalah salah satu material Geosynthetic yang berguna untuk perlindungan/proteksi lereng/tebing agar tidak tergerus air, dan juga untuk perkuatan konstruksi badan jalan diatas tanah yang lunak, dan geocell panel terbagi tiga dimensi yang ringan, yang dapat dikembangkan/diperluas yang terbuat dari lembaran/strip High Density Polyethylene (HDPE) yang digabungkan menjadi suatu konfigurasi/kesatuan yang sangat kuat. Geocell dapat diisi dengan berbagai macam material : kerikil/aggregate, beton, pasir, tanah, dan lain- lain.

Geocell di desain sedemikian rupa untuk aplikasi stabilisasi tanah. Geocell juga digunakan untuk meningkatkan kinerja dari material konstruksi standart/biasa, dan aplikasi untuk mengontrol erosi pada lereng/tebing. Selain itu geocell juga berfungsi untuk sistem perlindungan tanah atau pasir, yang banyak digunakan dalam konstruksi dan teknik sipil untuk pengendalian erosi, stabilisasi tanah di permukaan tanah datar dan lereng yang curam, platform beban, perlindungan akar pohon, perlindungan saluran, dan penguatan struktural untuk menahan beban.

Apa saja keunggulan geocell? Keunggulan geocell  yaitu, sbb:

1.Usia pakai yang lama untuk lereng yang stabil.

2.Mudah dibawa dan pemasangannya di lokasi proyek.

3.Cepat dan sederhana pemasangannya.

4.Mudah dibongkar dan dapat digunakan kembali.

5.Tahan terhadap biologi dan kimia dari tanah.

Daftar Isi:  Geotextile Non woven, definisi dan fungsi! Semua Tentang Geobag Ada Disini! Kekurangan dan Kelebihan Geobag

 

Prinsip Kerja Geocell

Prinsip Kerja Geocell Yaitu, sbb:

1.Pembersihan lapangan

2.Pengukuran kembali dengan pemasangan beberapa patok

3.Pembuatan galian tanah untuk pemasangan pondasi dengan batu kali yang dilengkapi dengan anker untuk pengikat geocell

4.Pembentukan lereng tebing sesuai desain perencanaan dengan pekerjaan urugan yang dipadatkan maupun pekerjaan galian.

5.Bila tebing sudah terbentuk sesuai rencana geotextile dihampar sebagai lapisan permukaan tanah, kemudian tanah diurugkan diatas geotextile (non woven) setebal 15 cm lalu dipadatkan.

6.Pemasangan geocell pada lereng tebing sungai yaitu geocell dibentangkan yang semula dimensi arah memanjang 8 cm menjadi 6,25 m, sedang arah melintang semula 3,33 m menjadi 2,70 m dan untuk mempertahankan bentuk geocell agar tidak berubah/tetap stabil digunakan anker yang terbuat dari besi tulangan dengan diameter 10 mm, panjang 1,00 m sedangkan sambungan antar lembar geocell digunakan kawat.

7.Setelah posisi geocell sesuai desain rencana dan cukup stabil maka geocell dapat diisi dengan beton dari bawah hingga jarak 1,00 m dari tepi atas selanjutnya bagian sisi atas selebar 1,00 m diisi dengan tanah yang diberi gebalan rumput.

8.Pembuatan saluran drainase di ujung hulu bangunan dan tangga dari pasangan batu kali di ujung hilir bangunan. Saluran drainase dapat berfungsi untuk mengalirkan air yang akan masuk ke sungai agar tidak langsung lewat puncak tebing sungai, sedang tangga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memudahkan naik/turun tebing waktu ke sungai.

Sumber: http://litbang.pu.go.id/berita/view/38/geocell-sebagai-pelindung-tebing-sungai

Baca Juga: Mengenal Geosintetik untuk Perbaikan Tanah, agen geobag non woven terpercaya

Sekian artikel singkat dari kami, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mencari informasi mengenai Geocell, Salam sukses selalu dari kami PT. MAXPRO KURNIA MEGAH

 

 

Please rate this


Kartika Eka Putri

Just People in country +62 :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *