English EN Indonesian ID

Inovasi Terbaru Atasi Banjir Dengan Geosynthetic

Dipublikasikan oleh Salsabila Yona Praweswary pada

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Wilayah seperti Jakarta dan sekitarnya, merupakan daerah yang paling rawan terjadi banjir. Beberapa penyebab banjir diantaranya adalah tidak optimalnya penataan kota, kurangnya daerah resapan air, dan masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Solusi untuk mengatasi banjir sudah banyak ditemukan. Salah satunya dengan menggunakan material Geosynthetics. Material Geosynthetic yang cocok untuk masalah ini adalah Geopipe Perforated Pipe.

Ilustrasi Banjir

 

Tentang Geopipe Perforated Pipe

Geopipe adalah pipa HDPE bergelombang dan berlubang yang berfungsi sebagai subdrain atau penyerapan air. Biasanya, Geopipe dikombinasikan dengan Geotextile Non Woven dan juga dengan kerikil (pecahan batu) dalam pemasangannya. Geotextile Non Woven berperan sebagai filter, dan kerikil sebagai pembantu pengumpul air sebab mempunyai sifat permeability yang baik. 

Gambar Geopipe

Kegunaan Geopipe Perforated Pipe

Geopipe ini biasa digunakan untuk peresapan air/subdrain. Selain itu, Geopipe juga diaplikasikan untuk Struktur drainase bawah lapangan bola, Drainase untuk lahan pertanian, dek kolam renang dan sejenisnya. Jadi Geopipe memang merupakan inovasi untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi.

Baca Juga : Hal-Hal Tentang Struktur Tanah

Please rate this


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *