English EN Indonesian ID

Seputar Geopipe Dan Drainage Cell

Dipublikasikan oleh Salsabila Yona Praweswary pada

Tentang Drainage Cell

Drainage Cell merupakan material yang biasa digunakan untuk keperluan drainase. Terbuat dari plastik jenis HDPE (high density polyethylene). Memiliki sifat elastis tetapi kuat. Drainage cell ini mempunyai lubang pori besar atau rongga melewatkan air dari atas permukaan media ke bawah, tetapi ada juga yang dapat menyimpan air.

Drainage cell biasa digunakan agar permukaan atas media tidak terdapat genangan contohnya pada sebuah lapangan yang diatasnya terdapat rumput sintetis dan di ruangan terbuka yang menyebabkan jika hujan turun air memenuhi lapangan tersebut . maka di gunakanlah drainage cell ini sebagai media penurunan air dan mecegah terjadinya genangan air dan dapat di kendalikan.

Drainage cell dapat diaplikasikan pada :

1. Pembatas Kolam
2. Taman di Lantai Atas (Roof Garden)
3. Dinding Penahan Tanah
4. Planter Box, dll
5. Lapangan olahraga

 

Baca Juga :

Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Gempa!

Fakta Geogrid dan Geotextile. Mana yang lebih bagus?

 

 

Tentang Geopipe

Geopipe adalah pipa yang terbuat dari bahan HDPE. Bentuknya bergelombang dan berlubang yang memiliki fungsi sebagai subdrain atau penyerapan air. Dalam pemasangannya, Geopipe biasa dikombinasikan dengan Geotextile Non Woven dan kerikil (pecahan batu). Geotextile non woven berperan sebagai filter dan kerikil sebagai pembantu pengumpul air karena memiliki sifat permeability yang baik. Geopipe mempunyai fungsi untuk menampung dan mengalirkan air yang berada didalam tanah.

Geopipe ini memiliki 2 jenis yang dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu Single Wall dimana pada bagian luar dan dalamnya bergelombang dan Double Wall yang pada bagian dalamnya mempunyai lapisan tambahan apabila memerlukan ketahanan terhadap tekanan yang lebih kuat.

Geopipe bisa diaplikasikan pada :

1. Drainase permukaan pada bawah jalan

2. Drainase pada tambang

3. Aplikasi dinding penahan

4. Lahan konstruksi

5. Struktur drainase bawah lapangan bola,golf,dan lain-lain.

6. Pipa Ground Anchor (jangkar tanah)

7. Drainase untuk pertanian, dan masih banyak lagi sebagainya

 

Sumber : maxprokurnia.co.id/product/geopipe/
maxprokurnia.co.id/product/drainage-cell/

Please rate this