English EN Indonesian ID

Pembahasan mengenai Tanah Longsor dan cara pencegahan nya

Dipublikasikan oleh Kartika Eka Putri pada

Pembahasan mengenai Tanah Longsor dan cara pencegahan nya

Ilustrasi Tanah Longsor Source Merdeka.com

Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh:

 

  • 1.erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam
  • 2.lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat
  • 3.gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah_longsor

Bagaimana Cara pencegahan nya? simak ulasan berikut

Nah, untuk mencegah terjadinya pergerakan tanah atau tanah longsor, ada beberapa tindakan preventif atau pencegahan yang bisa kita lakukan.

Pertama adalah sistem peringatan dini di wilayah-wilayah yang secara geografis rawan terjadi tanah longsor, seperti perbukitan, tebing, atau sekitar aliran sungai.

Upaya lainnya adalah dari masyarakat yang tinggal di daerah rawan tanah longsor, yaitu dengan menanam tanaman pertanian atau perkebunan yang sesuai dengan lingkungan.

Hal ini penting dilakukan untuk memperkuat cengkeraman tanah yang ada agar risiko longsor menjadi lebih kecil.

Selain tindakan pencegahan, ada beberapa hal yang juga bisa dihindari agar wilayah rawan bencana tidak mudah longsor.

Hal yang bisa dihindari adalah dengan tidak melakukan penggalian, pembukaan lahan persawahan, dan juga kolam di bawah lereng yang terjal.

Selain hal-hal di atas, edukasi atau pengetahuan tentang bahaya tanah longsor juga penting untuk diketahui masyarakat.

Edukasi mengenai tanah longsor ini penting, karena kita juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang upaya yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan, penyelamatan diri, dan apa yang harus dilakukan sesudah bencana terjadi.

sumber: https://bobo.grid.id/read/081310299/ada-faktor-pendorong-dan-faktor-pemicu-tanah-longsor-apa-bedanya?page=all

Sekian artikel singkat dari kami, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mencari informasi mengenai Tanah Longsor, Salam sukses selalu dari kami PT. MAXPRO KURNIA MEGAH

Baca Juga:  Mengenal Geosintetik untuk Perbaikan Tanahagen geobag non woven terpercayaseputar Geocell

Please rate this