English EN Indonesian ID

Cegah Erosi Dengan Cocomesh (Jaring Sabut Kelapa)

Dipublikasikan oleh Ajeng putri pada

Lahan galian tambang

Lahan bekas galian tambang yang tersebar di daerah-daerah penghasil bahan tambang terlihat sangat mengerikan. Kerusakan yang diciptakannya berpotensi menyebabkan tanah longsor, erosi, pengikisan air tanah, bahkan banjir. Hal itu banyak terjadi di daerah seperti di pulau Belitong, Berau dan tempat-tempat lainnya. Contoh konkrit seperti kalimantan, sekarang telah menjadi langganan Banjir, disaat musim penghujan tiba.

Kerusakan alam yang terjadi ini, membutuhkan penanganan yang serius dari semua pihak, terutama pengelola tambang. Mereka diwajibkan mereklamasi lahan bekas galian tambang. ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mereklamasi lahan bekas galian tambang tersebut seperti menanam kembali lahan, atau merubah areal lahan tersebut untuk usaha produktif seperti perikanan dll.

Langkah terbaik untuk mengurangi kerusakan tersebut adalah dengan menanaminya kembali atau reboisasasi. Namun ada langkah penting yang dilakukan sebelum proses reboisasi, yaitu menanam lahan dengan Cocomesh. Cocomesh adalah jaring yang dibuat dari sabut kelapa. Biasanya dibuat seperti seukuran net bola volly atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan lahan. Penggunaan Cocomesh ini terbukti efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir. Dengan mematok ujung-ujungnya, cocomesh dihamparkan dalam lahan bekas galian tambang. pemasangannnya disesuaikan dengan struktur tanah. Bisa miring, atau datar. Untuk Pemasangan biasanya dibuat dalam 2 lapisan.

Penggunaan Cocomesh ini terbukti efektif dalam mencegah banjir, tanah longsor, seperti yang telah dilakukan. Keunggulan lain dari cocomesh ini adalah, ketika cocomesh sudah dihamparkan, maka media tersebut, sangat mudah untuk menggemburkan tanah bekas galian tambang, sehingga dapat dikatakan sebagai media tanam yang bagus.

 

Sumber :  https://maxprokurnia.co.id/ https://produkkelapa.wordpress.com/2009/02/02/coco-mesh-jaring-sabut-kelapa-untuk-penahan-erosi/

Baca juga : Cara Pemasangan Geotextile Cara menanggulangi Tanah Longsor dengan tepat Geocomposite (Geokomposit)

Please rate this


Ajeng putri

Writing Is My Passion And Words Are My Escape

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *