Cara Buat Kolam Ikan Sederhana

Cara Buat Kolam Ikan Sederhana

Cara Buat Kolam Ikan Sederhana – Keinginan memiliki kolam ikan yang cantik terkadang terhalang oleh dana yang tidak sedikit. Namun, berkat kreativitas banyak orang yang hadir denga berbagai macam desain kolam ikan yang sederhana namun hemat biaya. Yuk, Kita simak caranya berikut ini !

ARTIKEL LAINNYA : Cara Membuat Kolam Ikan Lele Dari Batu Bata

Cara Buat Kolam Ikan Sederhana
Cara Buat Kolam Ikan Sederhana
1. Tentukan kedalamannya

Pertimbangkan kedalaman kolam yang akan dibuat saat merencanakan pembuatan kolam ikan di rumah minimalis. Kolam yang lebih dangkal bagus untuk memajang bebatuan dan ornamen, dan memungkinkan Anda lebih banyak berinteraksi dengan ikan peliharaan. Pertumbuhan alga dan ganggang tidak akan menjadi masalah jika Anda ingin membangun kolam yang lebih dalam; namun, kolam yang lebih dalam memang membutuhkan pelapis kolam yang lebih mahal.

2. Perkirakan ukuran

Anda harus mempertimbangkan dengan cermat ukuran kolam Anda. Jangan membuatnya terlalu besar, karena ini dapat mempengaruhi biaya. Selain itu, tempat kolam harus dipertimbangkan dengan cermat. Pilihlah tempat yang dekat dengan rumah sehingga mudah dipantau.

3. Pilih bentuk yang sederhana

Jika Anda memiliki kolam ikan di rumah yang memiliki ukuran kecil, bentuknya harus sederhana dan tidak dihiasi dengan banyak dekorasi. Cara terbaik untuk membuat kolam yang lebih ramah akan satwa liar adalah dengan memilih bentuk yang sederhana.

Cara Buat Kolam Ikan Sederhana
Cara Buat Kolam Ikan Sederhana
4. Hindari dinding vertikal

Membuat dinding vertikal di kolam ikan akan lebih sulit dan lebih mahal karena membutuhkan batu yang lebih besar dan lebih mahal. Karena itu, buat tepian kolam yang dangkal dengan tumpukan batu sederhana di sekitarnya.

5. Lindungi dasar kolam

Melindungi dasar kolam ikan di rumah minimalis akan mencegah hewan penggali menembusnya agar kolam ikan tetap bertahan lama. Setelah Anda membuat lantai kolam rata dengan tanah, letakkan lembaran logam pelindung di atasnya. Jangan lupa untuk membuat lapisan kolam yang kuat di setiap sisi.

6. Ratakan perimeter

Ketinggian air di kolam ikan biasanya hanya setinggi area sekitarnya. Jika tepi kolam dibuat terlalu bergelombang, air dapat mengalir dengan kecepatan konstan, terutama saat hujan.

7. Jangan lupakan sistem drainase

Saat hujan deras, buatlah sistem drainase sederhana untuk mencegah kolam ikan Anda meluap. Area luapan dapat diterapkan dengan membuat saluran drainase ke rumput, semak, atau tanah kosong yang aman. Pastikan untuk tidak mengisi kolam dengan terlalu banyak. Seharusnya ada ruang untuk air hujan. Selain itu, pastikan Anda memilih ikan dan tanaman yang sesuai untuk kolam, dan jangan memilih tanaman invasif yang dapat merusak ekosistemnya.