Cara Buat Oksigen Kolam Ikan

Cara Buat Oksigen Kolam Ikan

Cara Buat Oksigen Kolam Ikan – Sebuah kolam ikan yang sehat memiliki banyak oksigen. Pernapasan ikan dan makhluk air lainnya membutuhkan oksigen ini. Produksi oksigen kolam bergantung pada pencahayaan matahari, respirasi yang berhubungan dengan suhu air, dan jumlah oksigen terlarut dalam air. Kualitas air kolam berkorelasi positif dengan jumlah oksigen yang ada di dalamnya.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal

 

Cara Buat Oksigen
Cara Buat Oksigen
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah oksigen dalam air kolam. Cara tersebut antara lain:

1. Menggunakan Aerator

Proses aerasi, atau pemecahan air, adalah cara untuk menambah oksigen ke air kolam. Selama proses ini, kompresor udara pada aerator membawa oksigen dari atmosfer ke seluruh air kolam. Untuk menambah oksigen ke dalam air ini, air disemprotkan ke udara atau gelembung udara diberikan. Gelembung udara kemudian bergerak melalui air (udara ke dalam air). Ketika aerator dipasang, batu yang menghasilkan gelembung oksigen yang lembut harus digunakan. Semakin banyak dan kecil gelembung yang dihasilkan, semakin baik kualitas oksigen terlarut yang ada di dalam air.

Cara Buat Oksigen Kolam
Cara Buat Oksigen Kolam

2. Pompa Celup

Pompa celup, juga dikenal sebagai pompa celup, digunakan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam air. Saat memilih pompa celup, pastikan debit air yang dihasilkan pompa lebih besar daripada volume air dalam kolam ikan. Dalam setiap jam, debit air yang dihasilkan oleh pompa celup harus dapat melewati media filter empat kali. Semakin banyak debit air yang melewati media filter, semakin jernih dan berkualias air kolam. Diletakkan di dalam air kolam, pompa celup dirancang sedemikian rupa sehingga pompa kedap air, sehingga suara yang dihasilkannya hampir tidak terdengar.

3. Air Mancur

Air mancur, atau fitur air kolam, berfungsi sebagai filter air karena dapat menyerap zat berbahaya yang terserap oleh air, mengurangi kandungan oksigen dalam air.