Cara Membuat Filter Kolam Udang

Cara Membuat Filter Kolam Udang

Cara Membuat Filter Kolam Udang – Keberhasilan budidaya udang sangat bergantung pada kualitas air. Salah satu cara petambak dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas air adalah dengan mengfilter air. Filterisasi air tidak hanya mengoptimalkan kualitas air, tetapi juga memastikan air tetap jernih, menjaga penggunaan air, dan meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan tambak udang.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Pasang Karpet Talang Air

Cara Membuat Filter Kolam Udang
Cara Membuat Filter Kolam Udang
Berikut jenis-jenis filter dan fungsinya

1. Arang aktif
Arang aktif atau karbon aktif dapat menyerap sisa bahan organik terlarut dalam kolam yang memperbaiki kualitas air. Jika menggunakan karbon aktif, endapan dan gumpalan yang timbul lebih sering disifon agar kualitas air tetap terjaga.

2. Zeolit
Zeolit merupakan kristal aluminosilikat dengan pori-pori yang sangat kecil sehingga dapat menyerap zat logam berat, amonia, dan kapur berlebih dari air tambak.

3. Pasir
Pasir dapat menyaring partikel padat yang tersuspensi dalam air. Biasa digunakan bersama dengan kerikil dalam tangki air atau tandon dimana proses penyaringan berlangsung.

4. Biofilter
Biofilter adalah filter yang menggunakan agen alami untuk menyerap amonia yang dihasilkan seperti bakteri nitrifikasi dan tanaman air, ataupun pemangsa fitoplankton seperti ikan nila dan kerang hijau.

Petambak dapat memastikan pertumbuhan udang yang optimal dengan menggunakan sistem filterisasi yang tepat. Ini memastikan bahwa produksi budidaya tetap tinggi. Pengujian kualitas air juga penting untuk petambak karena membantu mereka mengetahui apakah parameter air sudah sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan sistem filterisasi jika diperlukan. Selain itu, mengganti media filter atau membersihkan filter secara teratur akan memastikan bahwa filter akan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Petambak dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan udang, mengurangi risiko penyakit, dan meningkatkan produktivitas dan keuntungan tambak udang.

 

Source : https://jala.tech/id/blog/tips-budidaya/filterisasi-air-untuk-budidaya-udang