Cara Membuat Kolam Bulat Dari Bambu

Cara Membuat Kolam Bulat Dari Bambu

Cara Membuat Kolam Bulat Dari Bambu – Jika Anda ingin mendirikan bisnis pembudidayaan ikan tetapi tidak memiliki dana yang cukup, Anda tidak perlu khawatir. Dengan pengetahuan yang luas, itu pasti bukan suatu kemustahilan. Namun, Anda harus selalu mengingat bahwa Anda tidak boleh menggadaikan kuantitas dan kualitas ikan hanya untuk mempersingkat proses produksi dan mengganggu orang lain. Anda dapat membeli kolam terpal dengan kerangka bambu di toko terpal, baik di kota maupun di pedesaan. Ini adalah cara yang aman untuk melakukannya tanpa mengganggu orang lain atau membuat ikan hasil budidaya Anda buruk.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Buat Kolam Renang Minimalis

Cara Membuat Kolam Bulat Bambu
Cara Membuat Kolam Bulat Bambu

Adapun cara pembuatan kolam terpal dengan kerangka bambu adalah sebagai berikut :

1. Tidak perlu melakukan penggalian tanah;

Membuat kolam terpal dengan kerangka bambu tidak membutuhkan penggalian tanah dan tenaga kerja. Anda hanya perlu mengukur area di sekitar rumah Anda dan kemudian mencari bambu yang ukurannya sesuai untuk kolam terpal.

2. Mempersiapkan drainase atau pipa pembuangan;

Jangan lupa untuk membuat pipa pembuangan, atau drainase, yang mengatur ketinggian air kolam. Perbandingan yang mungkin bermanfaat bagi Anda adalah kerangka bambu 2 x 4 meter yang digunakan untuk membuat kolam terpal 4 x 6 meter. Biasanya Anda membutuhkan 10 biji bambu dengan panjang sekitar 7 meter untuk membuat kolam ukuran tersebut.

Cara Membuat Kolam Bulat Dari Bambu
Cara Membuat Kolam Bulat Dari Bambu
3. Mulai membuat dinding sebagai kerangka kolam;

Langkah selanjutnya adalah membuat dinding untuk kerangka kolam terpal. Anda dapat mulai dengan memotong bambu dengan ukuran dua meter atau empat meter. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah bambu yang akan dipotong dengan jarak antar bilah pagar yang akan dibuat. Ingatlah bahwa konstruksi kolam terpal akan lebih kuat jika jarak antar bilah pagar lebih rapat. Salah satu cara untuk membuat kolam terpal lebih kuat adalah dengan memilih bambu yang sudah tua dan tebal. Bambu jenis petung dan ori sangat kuat dan tahan lama.

4. Proses perakitan bambu;

Sebelum Anda mulai memasang paku, Anda harus meraut bambu dengan halus. Jika Anda tidak melakukannya, Anda dapat mengalami kebocoran karena rautan bambu yang tidak halus. Merakit bambu dengan jumlah terbatas juga dapat dilakukan dengan merapatkan bagian bawah dan semakin merenggangkan bagian atas, yang disesuaikan dengan tekanan air kolam yang tinggi. Setelah perakitan bambu selesai, Anda dapat merapatkannya dengan paku dan mulai meletakkannya di lahan yang telah Anda sediakan sebelumnya. Anda tidak perlu khawatir tentang ukuran terpal. Toko terpal menyediakan berbagai jenis dan ukuran untuk memenuhi anggaran dan ruang Anda.