Cara Membuat Kolam Bundar Bioflok

Cara Membuat Kolam Bundar Bioflok

Cara Membuat Kolam Bundar Bioflok – Salah satu metode yang efektif untuk budidaya ikan adalah kolam ikan bioflok. Kemajuan teknologi akan membuat budidaya lebih mudah, terutama bagi pemula. lebih-lebih jika Anda menggunakan sistem bioflok. Apakah Anda pernah mendengar tentang sistem bioflok sebelum memulai budidaya ikan?

Sistem bioflok terdiri dari simbiosis mikroorganisme dan ikan budidaya. Mikroogranisme ditanam untuk memanfaatkan limbah di kolam tempat ikan diternakkan. Jika gumpalan kecil melayang di kolam, sistem ini berfungsi dengan baik.  Anda dapat mulai mempertimbangkan untuk menggunakan sistem bioflok dalam budidaya setelah Anda tahu bagaimana menggunakannya. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari menggunakan kolam ikan bioflok sebagai media budidaya.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Cepat Membuat Plankton Di Kolam Terpal

Cara Membuat Kolam Bundar Bioflok
Cara Membuat Kolam Bundar Bioflok

Penggunaan media yang tepat membantu budidaya ikan. Ketika Anda menggunakan kolam ikan bioflok, hal yang sama juga berlaku. Keuntungan yang akan Anda peroleh adalah sebagai berikut:

1. Menampung banyak ikan

Kolam ikan bioflok berukuran kecil dapat menampung banyak ikan dan memungkinkan ikan untuk tetap hidup dengan cukup makanan.

2. Membantu pertumbuhan ikan

Ikan yang dibudidaya di kolam bioflok dapat tumbuh dengan baik karena mendapatkan jumlah protein yang cukup. Pertumbuhan kedua ikan dapat seragam karena pakan selalu tersedia selama produksi flok.

3. Mengurangi penggunaan air kolam

Dapat digunakan dengan lebih hemat karena gumpalan mikroorganisme di dalamnya mengolah limbah. Untuk ikan budidaya, daur ulang limbah menjadi protein. karena itu, Anda tidak perlu mengganti air kolam secara berlebihan.

 

Cara Membuat Kolam Bioflok
Cara Membuat Kolam Bioflok

4. Menghemat pakan

Sistem bioflok menghasilkan protein untuk pakan ikan budidaya melalui mikroogranisme. Dengan menerapkan sistem ini, Anda dapat menghemat pakan sehingga dapat dialokasikan untuk tujuan lain.

5. Hasil panen budidaya yang lebih optimal

Sebagai pembudidaya, Anda pasti mempertimbangkan hasil panen yang memiliki nilai jual tinggi di pasar. Untuk budidaya ikan, kolam ikan bioflok adalah pilihan yang tepat. Untuk meningkatkan pertumbuhannya, ikan budidaya dapat memperoleh jumlah gizi yang cukup.