Cara Membuat Kolam Hias

Cara Membuat Kolam Hias

Cara Membuat Kolam Hias – Membuat kolam ikan koi minimalis pada dasarnya adalah hal yang mudah. Jadi, air kolam harus selalu bersih karena memiliki tingkat keasaman yang tepat. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa ikan koi tetap sehat dan tidak mati. Mengingat luas lahan yang terbatas di taman rumah, pembangunan kolam ikan koi juga harus sesuai dan tepat. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat kolam koi adalah sebagai berikut.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Membuat Filter Kolam Koi

Cara Membuat Kolam Hias
Cara Membuat Kolam Hias
1. Menentukan Lokasi Kolam

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membuat kolam ikan koi adalah menentukan di mana kolam akan dibuat. Saat ini, ikan koi membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk berkembang. Namun, kolam tidak boleh terlalu terpapar matahari karena bisa membuat air cepat panas. Selain itu, tidak boleh terlalu teduh karena bisa menyebabkan kolam lembap.

Ikan koi akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika kolam memiliki pencahayaan dan lokasi yang tepat. Oleh karena itu, kalian mungkin ingin memiliki kolam ikan koi kecil dengan banyak cahaya di depan rumah kalian. Jika kolam di dalam ruangan, lampu pijar dapat digunakan sebagai pengganti lampu matahari dan taman.

2. Merancang Desain Kolam Renang

Model kolam koi tersedia dalam tiga bentuk: lingkaran, persegi, atau bebas. Jika kalian ingin membuat kolam ikan di depan rumah, kalian dapat memilih desain persegi, yang menghemat tempat dan memberikan kesan lebih formal. Jika kalian memiliki desain rumah yang lebih tradisional atau elegan, desain kolam ikan berbentuk lingkaran juga bisa menjadi pilihan karena

3. Membangun Sistem Filter Kolam

Seperti ikan hias lainnya, ikan koi bergantung pada sistem filter kolam mereka. Semua ikan koi di kolam akan mati sia-sia jika filternya bermasalah. Tujuan sistem penyaringan adalah untuk mengontrol tingkat oksigen dalam air kolam. Selain itu, ini membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari kolam.
Memilih salah satu dari dua jenis filter yang paling umum untuk kolam koi kontemporer yang minimalis. Pertama, filter biologis yang terbuat dari tanaman untuk mengurai kotoran ikan koi, seperti payung-payungan, daun kupu-kupu, melati air, eceng gondok, atau tifa. Kedua, filter mekanik mengalirkan air ke penyaring yang terdiri dari pasir, kerikil, serbut, kapas, saringan sieve, dan japmatt.

Cara Membuat Kolam Hias
Cara Membuat Kolam Hias
4. Mengukur Kapasitas Kolam Koi

Sekarang Anda bisa mulai membangun rumah untuk koi kesayangan Anda setelah merancang dan menentukan desain kolam ikan. Untuk memulai, karena konsep ini minimalis, pastikan untuk mengukur kedalaman dan luas kolam. Kedalaman kolam dapat berkisar antara 1 dan 1,5 meter, tergantung pada ukuran ikan koi, tetapi jangan terlalu lebar. Sebaiknya buat kolam semakin dalam untuk ikan yang lebih besar.

5. Membangun Lahan Baru di Taman Rumah

Anda dapat mulai menggali tanah, mengecor, dan memasang batu bata setelah Anda tahu ukuran kolamnya. Jika sudah, plester kolam atau buat acian. Hati-hati dengan air tanah yang mungkin keluar sebelum kolam mencapai kedalaman yang diinginkan saat menggali tanah. Untuk mempercepat penggalian, pastikan galian kolam tetap kering.

6. Memasang dan Mengecor Batu Bata

Setelah kolam galian kering, pengecoran dan pemasangan batu bata adalah langkah terakhir dalam pembangunan kolam ikan koi yang sederhana. Terakhir, buat acian dengan campuran merguson sebagai pengeras. Tambahkan epoxy untuk mengurangi kadar alkali dalam semen dan tutup kolam agar tidak mudah retak.

7. Menempatkan Ikan di Kolam Setelah Satu Minggu

Jangan pindahkan ikan ke kolam setelah selesai. Kadar alkali akan turun selama satu minggu. Selama periode ini, Pins dapat membersihkan kolam setiap hari sambil memasukkan obat anti jamur dan kutu ke dalamnya.