Cara Membuat Kolam Ikan Dari Ember

Cara Membuat Kolam Ikan Dari Ember

Cara Membuat Kolam Ikan Dari Ember – Mungkinkah Anda ingin membuat kolam ikan yang sederhana? Anda bisa membuat kolam dengan ember plastik saja daripada membangunnya dari awal. Dibandingkan dengan ember, kolam ikan permanen yang terbuat dari batu bata atau beton lebih awet. Namun, proses pembuatan kolam sangat sulit dilakukan. Ini tidak termasuk masalah yang mungkin muncul di kemudian hari. Salah satu cara alternatif untuk membuat kolam ikan dengan lebih mudah adalah dengan menggunakan metode pembuatan kolam ember ini.

BACA JUGA : Cara Membuat Kolam Air Mancur

Cara Membuat Kolam Ikan
Cara Membuat Kolam Ikan

Peralatan serta bahan-bahan yang harus Anda siapkan sebelumnya untuk membuat sebuah kolam ikan yang menarik dari ember, di antaranya :

  • Ember plastik
  • Air bersih
  • Ikan hias
  • Tanaman air
  • Pot hidroponik
  • Bebatuan

Ukuran Kolam Ikan Ideal

Sebenarnya tidak ada ukuran kolam ikan yang pasti besar, tetapi Anda harus mempertimbangkan kenyamanan ikan-ikan saat tinggal di dalamnya. Jangan pernah membuat ikan terlalu kecil. Ukuran kolam ikan harus cukup untuk menampung dua ikan besar atau beberapa ikan kecil yang mungkin Anda pelihara. Kolam tersebut memiliki panjang dan lebar yang setidaknya tiga kali lipat lebih besar daripada postur ikan. Selain itu, kedalaman kolam harus setidaknya lima puluh sentimeter agar suhu air tetap stabil.

Cara Membuat Kolam Ikan Dari Ember
Cara Membuat Kolam Ikan Dari Ember
Taruh Ember Plastik di Tanah

Kami menyarankan Anda menanamkan ember ini ke dalam tanah agar kolam ikan yang Anda buat menggunakannya tampak seperti kolam biasa. Biarkan bagian dalam ember terendam di dalam tanah, hanya bibirnya yang tetap di atas tanah. Ini akan membuat kolam terlihat lebih natural dan menarik. Sebelum itu, Anda harus menggali tanah dengan dimensi yang sesuai dengan ukuran ember yang digunakan. Sebagai penahan ember nantinya, disarankan untuk membuat pondasi sederhana di dasar lubang tersebut.

Pilihan Ikan Hias yang Menakjubkan

Anda harus memilih ikan hias yang mudah dirawat untuk dipelihara di kolam ikan yang desainnya sederhana ini. Alasannya adalah kondisi kolam yang sederhana dan tidak dilengkapi dengan peralatan pendukung yang lengkap. Ikan yang tepat untuk digunakan di kolam berukuran kecil ini adalah ikan yang mudah dirawat dan berukuran kecil. Contohnya adalah ikan mas, guppy, cupang, dan banyak lagi. Karena membutuhkan kolam yang besar dan perawatan khusus, ikan koi tidak dapat dipelihara di tempat ini.