Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Filter

Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Filter

Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Filter –Apabila Anda memelihara ikan kesayangan di rumah, filter kolam ikan sangat penting untuk menjaga kehidupan mereka. Tanpa filter kolam, kehidupan ikan akan lebih sulit. Ikan juga akan kesulitan menghirup air dan melindungi diri. Ikan kesayangan Anda di rumah mungkin mati jika air tidak tersaring dengan baik.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Buat Kolam Ikan Permanen

Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Filter
Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Filter

Ada dua jenis filter untuk kolam koi, yaitu :

  1. Filter mekanik Ini bekerja dengan mengalirkan air ke dalam wadah yang sudah berisi beberapa item untuk memfilter air. Media filter dapat berupa serbut, kerikil, pasir, saringan, jap-matt, busa/foam, kapas, atau bahan sikat.
  2. Filter biologis, Pada dasarnya, filter biologis bekerja dengan memanfaatkan bakteri tertentu untuk menguraikan racun atau bahan kimia dalam kolam koi. Bahan kimia ini biasanya berasal dari sisa makanan ikan koi, kotoran, atau unsur luar yang masuk secara tidak sengaja. Sistem filtrasi bakteri menggunakan proses multistage seri, sedangkan filter biologis melakukannya. Dalam proses ini, amonia berubah menjadi nitrit, kemudian nitrat.
Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Filter
Cara Membuat Kolam Ikan Dengan Filter
Cara membuat filter mekanik

Air dari kolam diambil dan disedot oleh pompa ini sebelum mengalirkannya ke filter. Gunakan pipa yang sesuai dengan lubang pengeluaran pompa untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah itu, air dari pompa akan dialirkan ke bak yang berfungsi sebagai filter. Anda dapat membuat filter dengan kapas dengan pori halus, tetapi Anda juga bisa membuat filter dengan bahan-bahan berikut:

  1. Kapas / busa / foam filter
  2. Batu zeolite ukuran kecil atau sedang
  3. Arang aktif
  4. Kapas / busa / foam filter
  5. Batu zeolite ukuran besar
  6. Kapas

Tempatkan bahan – bahan tersebut sesuai urutan dari atas sampai bawah. Kemudian buat lubang di bagian bawah bak filter ini untuk jalur keluar air. Filter ini sangat murah dan mudah dibuat, dan dapat digunakan bahkan untuk kola ikan koi yang panjangnya sekitar dua meter.

Filter kolam ikan sangat penting jika Anda memiliki kolam ikan di rumah. Jika Anda tidak memiliki filter, kolam ikan Anda akan menghadapi banyak masalah. Mudah sekali air kolam menjadi keruh dan lama kelamaan akan muncul bau kolam yang tidak sedap. Dengan demikian, keindahan kolam pasti akan berkurang. Selain itu, kolam ikan tanpa filter mengancam kehidupan ikan peliharaan. Air yang terlalu kotor dapat membunuh setiap ikan koi, terutama ikan koi. Anda dapat membeli filter kolam ikan atau membuatnya sendiri dengan bahan bekas. Belajarlah membuat filter kolam dari ember dan paralon.