Cara Membuat Kolam Ikan Di Atas Tanah

Cara Membuat Kolam Ikan Di Atas Tanah

Cara Membuat Kolam Ikan Di Atas Tanah – Berternak ikan bahkan dapat menghasilkan uang dengan menjual ikan yang Anda budidaya. Namun, tidak adanya kolam yang tepat untuk mulai memelihara ikan adalah masalah utama. Jangan khawatir jika hal itu menjadi masalah bagi Anda. Anda juga bisa membuat kolam ikan dengan menggunakan terpal dan bambu. Kolam terpal sangat populer untuk membudidayakan ikan, dan cara membuatnya tidak terlalu sulit.

Salah satu bagian penting dari budidaya ikan adalah kolam. Kolam terpal adalah jenis kolam yang paling umum digunakan untuk budidaya ikan karena pembuatannya yang mudah dan biaya yang diperlukan untuk membuatnya jauh lebih murah dari jenis kolam lainnya.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Membuat Aquascape Di Kolam

Cara Membuat Kolam Ikan Di Atas Tanah
Cara Membuat Kolam Ikan Di Atas Tanah
Berikut adalah beberapa cara membuatnya : 

1. Membuat desain 

Pertama, buat desain kolam terpal di atas tanah. Ini akan membantu Anda menentukan ukuran kolam dan jenis terpal yang perlu digunakan.

2. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Setelah desain dibuat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, antara lain:

  • Plastik terpal
  • Kayu/bambu/pipa
  • Papan/seng/asbes
  • Pipa paralon
  • Paku/kawat/tali
  • Gergaji, palu, gunting, dan alat kerja lainnya.

3. Sediakan lahan

Cara selanjutnya untuk membuat kolam terpal di atas tanah adalah mencari tanah yang cocok. Setelah itu, bersihkan dan ratakan tanah untuk mempermudah prosesnya. Namun, pelepah pisang atau sekam padi dapat ditambahkan jika tanahnya miring.

Cara Membuat Kolam Di Atas Tanah
Cara Membuat Kolam Di Atas Tanah
4. Buat dinding kolam

Untuk membuat dinding kolam, pertama-tama letakkan tiang atau tonggak di sudut kolam. Pastikan tiang tersebut tegak dan di kedalaman yang cukup.Setelah itu, Anda dapat mulai membangun dinding dengan menggunakan bahan seperti kayu, bambu, papan, atau dinding batako. Agar pengeringan dan pemanenan ikan lebih mudah, pastikan kemiringan dinding di tiap sisinya sesuai.

5. Pemasangan plastik terpal

Setelah kerangka diatur dengan benar, plastik terpal dapat dipasang dengan menjepit rapat di setiap ujungnya. Untuk saluran air, pasang pipa paralon di sisi bawah kolam.

6. Isi kolam dengan air
Periksa apakah ada kebocoran dengan mengisi kolam dengan air untuk memastikan kekuatan.