Cara Membuat Kolam Ikan Hias

Cara Membuat Kolam Ikan Hias

Cara Membuat Kolam Ikan Hias – Dalam memelihara ikan hias, kolam adalah salah satu keharusan yang perlu disediakan. Bahkan kolam ikan ikan harus didesain seunik mungkin meski hanya terletak di lahan yang sempit dan sederhana. Sebab, ikan hias akan menampilkan keindahan bentuk tubuh dan kecantikan warna saat mata memandang dari atas. Oleh karena itu, tak heran jika ikan hias menjadi salah satu peliharaan incaran yang banyak dicari dan dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah atau taman agar menjadi asri.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Membuat Hidroponik Dengan Kolam Ikan

Cara Membuat Kolam Ikan Hias
Cara Membuat Kolam Ikan Hias
1. Ukuran Kolam yang Akan dibuat

Setelah mempersiapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran kolam. Lokasi yang tersedia mungkin adalah jawabannya. Kolam yang besar dapat dibuat di area yang luas, tetapi kolam minimalis dapat dibuat di area yang sempit. Setelah menentukan ukuran kolam, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah apakah ada air mengalir. Jika tidak ada, kita bisa membuat aliran air yang disesuaikan dengan ukuran dan bentuk kolam yang akan dibuat.

2. Gunakan Filter Kolam

Apakah kolam renang tersebut terlihat sempurna dalam hal keindahan dan kecantikannya atau tidak, sangat dipengaruhi oleh filternya. Filter kolam tidak hanya membantu mempercantik kolam, tetapi juga menjaga kesehatan ikan hias di dalamnya. Oleh karena itu, filter kolam harus digunakan dan selalu berfungsi dengan baik.

3. Pilih bentuk yang sederhana

Jika Anda memiliki kolam ikan di rumah yang memiliki ukuran kecil, bentuknya harus sederhana dan tidak dihiasi dengan banyak dekorasi. Cara terbaik untuk membuat kolam yang lebih ramah akan satwa liar adalah dengan memilih bentuk yang sederhana.

4. Hindari dinding vertikal

Membuat dinding vertikal di kolam ikan akan lebih sulit dan lebih mahal karena membutuhkan batu yang lebih besar dan lebih mahal. Karena itu, buat tepian kolam yang dangkal dengan tumpukan batu sederhana di sekitarnya.

Cara Membuat Kolam Ikan Hias
Cara Membuat Kolam Ikan Hias

5. Lindungi dasar kolam

Melindungi dasar kolam ikan di rumah minimalis akan mencegah hewan penggali menembusnya agar kolam ikan tetap bertahan lama. Setelah Anda membuat lantai kolam rata dengan tanah, letakkan lembaran logam pelindung di atasnya. Jangan lupa untuk membuat lapisan kolam yang kuat di setiap sisi.

6. Ratakan perimeter

Ketinggian air di kolam ikan biasanya hanya setinggi area sekitarnya. Jika tepi kolam dibuat terlalu bergelombang, air dapat mengalir dengan kecepatan konstan, terutama saat hujan.

7. Jangan lupakan sistem drainase

Saat hujan deras, buatlah sistem drainase sederhana untuk mencegah kolam ikan Anda meluap. Area luapan dapat diterapkan dengan membuat saluran drainase ke rumput, semak, atau tanah kosong yang aman. Pastikan untuk tidak mengisi kolam dengan terlalu banyak. Seharusnya ada ruang untuk air hujan. Selain itu, pastikan Anda memilih ikan dan tanaman yang sesuai untuk kolam, dan jangan memilih tanaman invasif yang dapat merusak ekosistemnya