Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal

Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal

Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal – Saat ini, budidaya lele bukanlah hal yang aneh atau langka. Menjamurnya budidaya ikan air tawar bersama dengan peningkatan permintaan pasar memengaruhi budidaya ikan lele juga. Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang paling mudah dipelihara. Ditambah lagi, kolam tanah atau beton tidak lagi digunakan untuk budidaya, yang memakan banyak lahan dan menyebabkan banyak masalah. Jika Anda ingin beternak, kolam terpal adalah solusi yang menarik, tetapi itu terkendala luas lahan. Karena kolam terpal ini dapat ditempatkan di mana saja dan dapat dipindah-pindah.

ARTIKEL LAINNYA : Cara Membuat Plankton Pada Kolam Terpal

Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal
Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal

Cara membuat kolam terpal khusus untuk ikan jenis yang satu ini memiliki beragam keuntungan. Salah satunya Anda tidak repot menggali lubang di tanah, tapi memerlukan perhatian khusus. Begitu juga dengan kewajiban mempersiapkan seluruh bahan yang diperlukan serta mengikuti setiap langkah yang diberikan.

Bahan – bahan yang dibutuhkan :
  1. Pasir
  2. Semen
  3. Bambu
  4. Pipa atau selang untuk saluran pembuangan air
  5. Batu bata
  6. Terpal
  7. Knee
Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal
Cara Pembuatan Kolam Ikan Terpal

Agar proses pembuatan lebih cepat, Anda harus mempersiapkan semua bahan di atas. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah mengikuti setiap metode pembuatan kolam terpal di bawah ini

Berikut langkah-langkahnya :
  1. Terlebih dahulu, Anda harus membuat denah dan mengukur kolam. Untuk budidaya ikan, kolam terpal biasanya berukuran standar, yaitu 2 x 3 x 1 m atau 4 x 5 x 1 m. Sesuaikan ukuran kolam dengan area yang Anda miliki. Untuk saluran pembuangan kolam terpal, tandai area tertentu di denah terpal.
  2. Dengan menggunakan sebanyak mungkin semen, pasir, bambu, dan batu bata, Anda dapat membuat pondasi kolam dengan ukuran yang diinginkan.
  3. Masukan salah satu ujung knee dari luar ke dalam terpal di area saluran pembuangan kolam. Pastikan salah satu ujung knee menghadap ke arah pembuangan.
  4. Selanjutnya, pasang pipa saluran air atau selang yang berfungsi untuk mengeluarkan air dari kolam atau menguranginya.
  5. Setelah seluruh pondasi dan komponen lainnya telah kering sepenuhnya, Anda dapat meletakkan terpal di kolam untuk budidaya ikan.