Cocomesh / Jaring Sabut Kelapa

Cocomesh / jaring sabut kelapa adalah jaring yang dibuat dari sabut kelapa telah menjadi primadona dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai, atau hutan. Sifatnya yang biodegradable dan kuat, membantu mempermudah tumbuhnya tanaman baru pada bidang Cocomesh yang diletakkan di tanah bekas tambang atau lainnya.

Pemanfaatan Cocomesh telah terbukti mampu menghijaukan areal bekas tambang, atau hutan gundul. Banyak perusahan konsultan penghijauan bekas tambang mulai beralih kepada material yang satu ini. Sifat material cocomesh yang terbuat dari sabut kelapa, yaitu mampu menyimpan air dalam waktu cukup lama, sehingga menyebabkan permukaan tanah yang ditutup oleh material ini terjaga kelembabpannya. Hal ini mampu mempengaruhi struktur tanah agar mudah untuk ditanami dengan bibit tananam atau biji, selain itu juga cocomesh sebagai pengganti tanah pada saat penanaman biji atau bibit tanaman tersebut.

Kelebihan dari material cocomesh ini adalah tahan lama, menurut sumber ini mampu bertahan sekitar 4 tahun atau lebih, sehingga material dapat tumbuh selama masa pertumbuhan vegetasi baru. Pemakaian material cocomesh sangat cocok untuk lahan miring atau berbatu, melihat dari sifat elastisitas material ini.

Beberapa fungsi lain dari penggunaan sabut geotekstile yang terbukti efektif dan efisien biaya, antara lain:

1. Penyembuhan erosi
2. Sub-base layer di trotoar jalan
3. Drainase
4. Masalah kestabilan lereng
5. Stabilisasi rel kereta api

 

Sumber : https://maxprokurnia.co.id/product/coconet-cocomesh/

Baca juga : Geocomposite (Geokomposit) Fungsi Plastik Cor Definisi Geosintetik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *