Fungsi Plastik Cor

Plastik Cor Merupakan Plastik Khusus yang biasanya di gunakan sebagai lantai kerja pada pengecoran yang berfungsi mencegah penurunan kadar air dan material cor kedasar dan merembes penggunaan plastik tergolong sebagai inovasi baru dan yang paling banyak di gunakan biasanya di proyek pengerjaan jalan selain itu plastik cor juga dapat digunakan sebagai plastik penutup barang pada proyek maupun industri pabrik.

sumber : https://maxprokurnia.co.id/product/plastik-cor/

Fungsi dari plastik cor adalah untuk menjaga agar permukaan dasar beton tidak langsung berhubungan dengan tanah yang memiliki kelembapan. Sehingga kemungkinan air / uap air masuk ke dalam pori-pori beton menjadi lebih kecil, dan tulangan terhindar dari karat / korosi. Korosi selain dapat merusak tulangan juga bisa memberikan warna karat pada permukaan beton. Pada pelat beton di atas tanah, biasanya tulangan akan diletakan dibagaian atas dengan tebal selimut beton atas sekitar 30mm. Plastik cor diletakan di atas permukaan tanah yang telah siap (telah dipadatkan) dan lapisan pasir 50mm.

Fungsi plastik cor yang kedua yaitu melepaskan gesekan anatara permukaan bawah pelat beton dengan permukaan tanah. Sehingga pada saat beton mengalami susut tidak tertahan, dan retak dapat terjadi pada daerah joint yang telah direncanakan. Untuk fungsi Ini, plastik akan lebih baik apabila di pasang double (2lapis) sehingga gesekan  yang terjadi akan lebih sedikit.

 

Contoh plastik cor
sumber :https://maxprokurnia.co.id/product/plastik-cor/

sumber : https://www.scribd.com/document/348335262/Manfaat-Plastik-Cor

PLASTIK COR

Baca juga : Semua Pembahasan Tentang Geosynthetics! GEOMEMBRANE Longsor dan Geotekstil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *