Geocomposite (Geokomposit)

Pengertian Geokomposit

Geokomposit adalah suatu material buatan yang bahan dasarnya terbuat dari Polypropylene atau Polyester, dimana geokomposit itu sendiri terdiri dari 2 atau lebih kombinasi material yang berbeda yaitu:

1. Geogrid
2. Geotekstil Non-Woven

Terdiri dari 5 karakteristik penting yg menjadi pertimbangan dalam perencanaan struktur yg melibatkan geokomposit ini, yaitu:

1. Struktur / bentuk Material

2. Karakter stress-strain

3. Ketahanan mekanis dan kimia / biologi

4. Kekuatan design (untuk design jangka panjang)

5. Interaksi antara geokomposit dengan tanah

 

Material geokomposit ini memiliki beberapa fungsi yaitu :

1. Reinforcement (Perkuatan), berfungsi untuk meratakan tegangan pada jalan dengan mereduksi tegangan vertikal menjadi tegangan horizontal dan mengurang diferensial settlement pada badan jalan.

2. Separation Layer (lapisan pemisah), berfungsi untuk memisahkan dua median yang berbeda untuk mecegah terjadinya percampuran kedua median tersebut.

3. Filtrasi (penyaring), berfungsi untuk menyaring partikel-partikel halus agar tidak terbawa air.

4. Proteksi (perlindungan), berfungsi untuk melindungi suatu material agar tidak rusak akibat benturan, gesekan atau impact, dalam hal ini dapat dikatakan sebagai sealing material.

Selain pemasangannya yang mudah (tidak memerlukan alat berat), geokomposit juga merupakkan solusi ekonomis apabila ketersedian material timbunan atau material pilihan bersifat terbatas dan mahal. Solusi geokomposit bisa dipadukan bersama metoda konvensional sebagai salah satu kombinasi baru dalam perencanaan dan pembangunan jalan raya. Desain struktur jalan yang tersusun dari beberapa lapisan yang ditambah dengan geokomposit dan dipasang diatas tanah dasar atau tanah pilihan dapat menambah durabilitas jalan tanpa mengurangi beban keekonomisan struktur.

Pemasangan Geokomposit

 

Sumber : https://maxprokurnia.co.id/ https://indomigas.wordpress.com/geosintetik-geosynthetic/geokomposit-geocomposite/

Baca juga : Definisi Geosintetik PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) Gunakan Vertical drain untuk konsolidasi tanah!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *