Geotextile Non woven, definisi dan fungsi!

 

GEOTEXTILE NON WOVEN, DEFINISI DAN FUNGSINYA

 GEOTEXTILE NON WOVEN adalah salah satu bahan Geosynthetics (Geosintetik) yang tembus air, yang dapat digunakan / berfungsi sebagai separator, filter, proteksi, dan perkuatan. Bahan dasar pembuatannya adalah Polyesther atau Polyprophilene.

GEOTEXTILE NON WOVEN memiliki daya kuat tarik yang cukup tinggi serta memiliki ketahanan pada temperature, cuaca, suhu, mikroorganisme dan juga bahan-bahan kimia. Non Woven Geotextile yang dibuat dalam beberapa tipe yang pada umumnya dapat dibedakan dari berat jenis atau kekuatan.

 

FUNGSI GEOTEXTILE NON WOVEN

SEBAGAI FILTER,

Geotextile non woven berfungsi untuk mencegah terbawanya partikel-partikel tanah pada aliran air. Karena sifat Geotextile Non Woven adalah permeable (tembus air) maka air dapat melewati Geotextile tetapi partikel tanah tertahan. Aplikasi sebagai filter biasanya digunakan pada proyek-proyek subdrain (drainase bawah tanah)

SEPARATOR ATAU PEMISAH

Sebagai separator atau pemisah, Geotextile Non Woven berfungsi untuk mencegah tercampurnya lapisan material yang satu dengan material yang lainnya.

Contoh penggunaan Geotextile sebagai separator adalah pada proyek pembangunan jalan di atas tanah dasar lunak (misalnya berlumpur). Pada proyek ini, Geotextile mencegah naiknya lumpur ke sistem perkerasan, sehingga tidak terjadi pumping effectyang akan mudah merusak perkerasan jalan. Selain itu keberadaan Geotextile juga mempermudah proses pemadatan sistem perkerasan.

PERKUATAN 

Misalnya dipakai pada proyek-proyek timbunan tanah, perkuatan lereng dll. Fungsi ini sebenarnya masih menjadi perdebatan dikalangan ahli geoteknik, sebab Geotextile bekerja menggunakan metode membrane effect yang hanya mengandalkan tensile strength (kuat tarik) sehingga kemungkinan terjadinya penurunan setempat pada timbunan, masih besar, karena kurangnya kekakuan bahan. Apalagi sifat Geotextile yang mudah mulur terutama jika terkena air (terjadi reaksi hidrolisis) menjadikannya rawan sebagai bahan perkuatan lereng.

Aplikasi dalam Geotextile Non Woven :

  • Separasi antar lapisan tanah
  • Separasi antara dasar jalan dan tanah gembur
  • Mencegah bercampurnya tanah lunak dan batu aggregate
  • Drainase horizontal dan vertical
  • Filtrasi

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi kami di :PT MAXPRO KURNIA MEGAHTaman Anyelir Blok C2/15Jl. Raya Sekneg, Kebon Nanas, Cikokol, Kota Tangerang

(021) 2229 2226/0821 1349 1818sales@maxprokurnia.co.id

TERKAIT ARTIKEL :Aplikator Geotextile Non Woven,Jual Geomembrane Murah Bagus,Cari tau apa itu drainage cell dan kegunaannya!

SUMBER : https://maxprokurnia.co.id/

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *