Manfaat Cocomesh

Manfaat Cocomesh

COCOMESH  adalah jaring yang dibuat dari sabut kelapa yang sangat ramah lingkungan 100% serat sabut kelapa dan menggunakan bahan alami tanpa melalui proses kimiawi selain kimiawi proses reklamasi suatu tambang, pantai, atau hutan. Yang sifatnya biodegradable dan kuat, membantu mempermudah tumbuhnya tanaman baru pada bidang Cocomesh yang diletakan di tanah bekas tambang atau lainya dan digunakan sebagai media tumbuh tanaman, penahan longsor dan perlindungan tanah pada lahan miring.

 

Manfaat Cocomesh

Manfaat cocomesh yaitu untuk menghijaukan areal bekas tambang, atau hutan yang gundul. Selain itu, dapat digunakan sebagai landasan awal jalan sebelum di aspal, agar aspal tidak mudah pecah dan retak. Sudah banyak perusahaan konsultan penghijauan bekas tambang mulai beralih ke material cocomesh karena terbuat dari bahan yang alami.
Sifat cocomesh yang terbuat dari bahan yang alami yaitu sabut kelapa, mampu menyimpan air dengan kurun waktu yang cukup lama, yang menyebankan permukaan tanah yang ditutupi oleh material ini tetap terjaga.
Oleh karena itu, material ini mampu mempengaruhi struktur tanah agar mudah ditanami dengan bibit tananam atau biji, selain itu juga cocomesh sebagai pengganti tanah pada saat penanaman biji atau bibit tanaman tersebut.

Sumber artikel : https://maxprokurnia.co.id/product/coconet-cocomesh/

Kelebihan Cocomesh

  1. Tahan lama, mampu bertahan sekitar 5 tahun atau lebih, sehingga material dapat tumbuh selama masa pertumbuhan vegetasi baru.
  2. Cocomesh sangat cocok untuk lahan miring atau berbatu, melihat dari sifat elastisitas material ini. Contoh yang telah diaplikasikan seperti pada kawasan bekas tambang freeport.
  3. Murni 100% Bio-Degradable dan ramaah lingkungan.
  4. Anti NgengatLer ; tahan terhadap jamur dan membusuk.
  5. Memberikan insulasi yang sangat baik terhadap suhu dan udara
  6. Tidak mudah terbakar.

 

Aplikasi Cocomesh

  1. Lereng dan perbukitan
  2. Reklamasi Lahan
  3. Taman
  4. Drainase
  5. Pinggiran Sungai
  6. Pantai
Tujuan lain penggunaannya
  1. Sebagai hiasan di kebun
  2. Perlindungan terhadap erosi
  3. Stabilisasi dari penguapan di lereng
  4. Konstruksi jalan
  5. Menyuburkan tanah
  6. Hiasan kolam.

 

Manfaat Cocomesh
Manfaat Cocomesh

Referensi artike :  https://reklamasidanabrasi.wordpress.com/produk/sabut-kelapa/cocomesh/ http://faizaashop.blogspot.com/2015/11/bisnis-online-terpercaya.html

Baca juga :

  1. GEOPIPE
  2. Kelebihan Geotube
  3. Fungsi Drainage Cell

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *