Material Terbaik Untuk Drainase Atap Gedung

Drainase adalah pembuangan massa air secara alami atau buatan dari permukaan atau bawah permukaan dari suatu tempat. Drainase merupakan hal yang penting untuk sebuah pembangunan, baik itu pembangunan jalan, gedung, dan sebagainya. Saat ini gedung di perkotaan membangun sebuah taman-taman di atap gedungnya. Biasanya pada taman ini membutuhkan material drainase yang ringan namun berkualitas. Solusi untuk hal ini sudah pasti adalah, Drainage Cell.

 

Gambar Drainage Cell HDPE
Drainage Cell

Apa Itu Drainage Cell ?

Drainage cell adalah salah satu produk yang dibuat dari material plastik jenis HDPE (high density polyethylene). Memiliki sifat elastis tetapi kuat, dan mempunyai lubang pori besar atau rongga melewatkan air dari atas permukaan media ke bawah, tapi ada juga yang dapat menyimpan air.

Baca Juga :

Sejarah Sekilas Tentang Geomembrane

 

Drainage Cell digunakan agar permukaan atas tidak terdapat genangan. Contohnya pada sebuah lapangan yang diatasnya terdapat rumput sintetis dan di ruangan terbuka yang menyebabkan jika hujan turun air memenuhi lapangan tersebut, maka di gunakanlah drainage cell ini sebagai media penurunan air dan mecegah terjadinya genangan air dan dapat di kendalikan. Biasanya drainage cell diaplikasikan bersama dengan Geotextile Non Woven sebagai filter di bagian atas Drainage Cell.

 

Mengapa Drainage Cell untuk Drainase Taman Atap?

Biasanya material yang digunakan pada struktur media tanam taman atap konvensional adalah batu kali. Material batu kali ini dipasang dengan ijuk, lalu diletakkan di atas plat beton. Fungsinya yaitu membentuk rongga-rongga pada lapisan media tanam, sehingga air dari permukaan media dapat mengalir ke bawah. Sedangkan ijuk diletakkan di atas lapisan batu kali, fungsinya sebagai filter (saringan), yaitu mengalirkan air ke bawah tetapi menahan butiran media tanam agar tidak menyumbat lubang pembuangan.

Tapi penggunaan batu kali tersebut membuat beban pelat beton menjadi lebih berat. Oleh karena itu, material batu kali dan ijuk tidak digunakan lagi. Penggantinya adalah material Drainage Cell. Drainage Cell dinilai mempunyai kriteria yang pas untuk material taman atap, selain itu manfaat dan kelebihannya membuat Drainage Cell sangat diandalkan untuk berbagai proyek drainase.

Manfaat Drainage Cell

1. Kapasitas pengaliran air tinggi

2. Mencegah saluran pengaliran tertimbun lumpur/tanah

3. Tidak terpengaruh pada bahan kimia

4. Pengaplikasian produk mudah

5. Dapat dipasang diberbagai kondisi cuaca

6. Dapat menampung air pada bagian dasarnya

 

Sumber : www.geosinindo.co.id/id/product-categories/drainage-material/
maxprokurnia.co.id/product/drainage-cell/

gogreenindonesia.wordpress.com/2010/01/12/27/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *