Metode pemasangan vertical drain. Sangat mudah!

Deskripsi Vertical drain

Vertical drain

VERTICAL DRAIN berbentuk seperti bahan pita yang panjang dan memiliki kelebaran 10cm merupakan bahan drainase yang ditanam kedalam tanah lunak berbutir halus dengan kandungan air yang sangat tinggi sehingga terjadi efek konsolidasi tanah.  

Fungsi Vertical Drain

PVD berfungsi untuk mempercepat proses konsolidasi tanah, terutama pada jenis tanah lempung (clay) atau lanau (silty clay). PVD Ditanam secara vertikal ke dalam tanah untuk mengalirkan air dari lapisan tanah lunak ke permukaan.

Metode pemasangan

Seiring berkembangnya teknologi, maka banyak penemuan barang-barang baru yang dapat memudah kan kita mengerjakan sesuatu ya. salah satunya yaitu vertical drain. cara pemasangan vertical drain terdiri dari beberapa metode, berikut metode-metode nya. :

  1. Sand drain, metode penginstalan dengan cara penumbukan (driven or vibratory displacement type)
    Pembuatan drainase pasir dengan metode ini digunakan secara luas karena biayanya relatif murah, hanya saja metode seperti ini dapat merusak struktur tanah atau bahkan mengurangi kuat geser tanah.
  2. Sand drain, metode penginstalan dengan cara hollow stem continious-flight auger (low displacement)
    Pembuatan drainase pasir dengan metode ini memakai auger melayang menerus dengan diameter 30 – 50 cm berjarak 2-5 m. Gangguan yang dihadapi biasanya lebih ke arah rancangan drainase itu sendiri, bagaimana caranya agar drainase yang dibuat memiliki kapasitas penyaluran air yang baik. Untuk itu, gradasi pasir harus sesuai dengan keperluan.
  3. Sand drain, metode penginstalan dengan cara jetted (non-displacement)
    Metode dengan semprotan air (jetted) akan memakan waktu yang cukup lama khususnya untuk menembus lapisan berbutir kasar. Kedalam untuk drainase tipe ini umumnya kecil dari 30 m.
  4. Prefabricated sand drain, metode penginstalan dengan cara tumbukan, getaran, auger melayang, pengeboran
    Yang membedakan penggunaan drainase pasir prefabricated yaitu penggunaan bahan kain berisi material filter, lalu dimasukkan kedalam lubang drainase yang dibuat sebelumnya apakah itu dengan pengeboran atau cara lainnya.
  5. Prefabricated band shaped drains, metode penginstalan dengan driven atau vibratory closed-end mandrel
    Istilah lain yang biasanya digunakan untuk tipe ini yaitu prefabricated vertical drain (PVD), umumnya berbentuk pita (band-shaped) dengan sebuah inti plastik beralur yang dibungkus dengan selubung filterterbuat dari kertas atau atau susunan platik tak beranyam (non woven plastic fabric). Ukuran yang biasa digunakan yaitu lebar 10 cm dan tebal 0.4 cm. Biasanya gangguan yang disebabkan oleh penggunaan sistem drainase dengan PVD ini lebih kecil dibanding dengan sistem drainase pasir konvensional.
    Alat yang biasanya digunakan untuk membuat lubang drainase dengan PVD ini bernama ‘stitcher’, seperti yang dapat dilihat dibawah ini.

Referensi Artikel:

http://rachmadony.blogspot.com/2012/09/teknik-preloading-dan-penggunaan.html

 

Terkait

cara pemasangan pvd, cara membuat drainase vertikal, manfaat pvd pada perbaikan tanah, preloading adalah, sejarah pvd, makalah drainase vertikal, metode pelaksanaan preloading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *