Penanggulangan Abrasi Dengan Geobag

Penanggulangan Abrasi Dengan Geobag

Abrasi

Adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak, biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dapat dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut.

Dampak yang terjadi dari abrasi pantai yang paling jelas terlihat adalah menyempitnya area pantai. Ombak laut yang tidak bisa diredam karena penyusutan area pantai, begitu keras menghantam daerah pantai membuat bebatuan dan tanah terpisah dari daratan. Selain itu, Gelombang dan arus laut yang biasanya membantu nelayan kini berubah menjadi pemandangan yang mengerikan. Kejadian tersebut tentunya sangat merugikan dari sektor pariwisata dan membahayakan penduduk sekitar pesisir pantai.

Selain itu, abrasi pantai juga merusak hutan bakau, hutan bakau sengaja dibuat untuk mengurangi resiko terjadi abrasi. Namun jika abrasi pantai sudah terjadi dalam tingkat yang tidak bisa dikendalikan lagi, maka hutan bakau pasti akan mengalami kerusakan.

Menanggulangi Abrasi Dengan Geobag

Geobag termasuk jenis dari geotextile containment dengan volume yang kecil. Geobag adalah material yang terbuat dari bahan geotextile non woven yang di buat menjadi kantung yang di jahit khusus dengan presisi dan dalamnya diisi pasir atau tanah yang kemudian dijahit dan membentuk bentuk yang mirip dengan sand bag yang digunakan untuk menggantikan bangunan atau batuan yang berfungsi sebagai penahan atau pemecah gelombang air biasanya di gunakan di tepi pantai maupun tepi sungai dan muara

Material itu sendiri memiliki keunggulan yaitu mampu meredam gelombang laut, sebagai dinding penahan yang efektif, material yang digunakan untuk pengisian berasal dari pasir sekitar, serta lebih efisien dan efektif. Geobag dapat diaplikasikan pada River Bank Protection, Temporary Jetty, Groyne, Containing Dredged Material, Break water dan lain sebagainya.

Material ini umumnya digunakan pada daerah yang mengalami abrasi yang tidak terlalu berat dan memerlukan penanganan secara cepat untuk jangka waktu pemakaian tidak terlalu panjang. Pada umumnya material geotextile yang digunakan harus distabilisasikan terhadap pengaruh sinar ultra violet, konstruksi ini tetap harus dilindungi dari pengaruh sinar matahari langsung dengan cara ditutupi material lain contonya dengan batu-batuan.

Penanggulangan Abrasi Dengan Geobag
Penanggulangan Abrasi Dengan Geobag
Penanggulangan Abrasi Dengan Geobag
Penanggulangan Abrasi Dengan Geobag

Sumber : https://www.dosenpendidikan.com/abrasi-pengertian-penyebab-dampak-cara-mencegah/ https://maxprokurnia.co.id/product/geobag/ https://rencongpost.com/setiap-tahun-abrasi-parah-terjadi-di-pesisir-pantai-abdya/

Baca juga : Longsor dan Geotekstil Inovasi Terbaru Atasi Banjir Dengan Geosynthetic Semua Tentang Geobag Ada Disini! Kekurangan dan Kelebihan Geobag

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *