Pengertian Dan Fungsi Geomembrane

Pengertian Dan Fungsi Geomembrane

Geomembrane – Geomembrane merupakan material yang mempunyai bentuk lembaran yang dibuat dari bahan Hight Density Poliethylene (HDPE) dan merupakan jenis Geosynthetics. Produk ini memiliki tingkat impermeabilitas yang amat tinggi dan amat homogeny yang memiliki fungsi sebagai lapisan kedap air (Impermeable liner) dan juga mampu bertahan akan sinar ultra violet dan bahan-bahan kimia berbahaya, membuat impermeable liner yang baik agar ditampung pada kolam yang terkadang tak hanya air kotor namun juga mengandung limbah yang berbahaya.

Geomembrane mempunyai karakteristik yang kedap terhadap cairan, tahan terhadap korosi, minyak, asam, dan panas tingggi. Selain itu , material ini juga tahan terhadap sinar ultra violet dan perubahan temperature yang extrem, sehingga dapat diaplikasikan untuk kondisi ekspose seperti kolam penampungan air bersih. Produk ini juga dengan mudah dapat dibentuk, disambung, digabungkan dengan mesin hot wedge maupun extruder.

BACA JUGA : Harga Plastik Cor Per M2

Geomembrane
Geomembrane
Fungsi Geomembrane sebagai pelindung : 

1. Penahan Air : Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai lapisan penahan air. Goemembrane ini sering digunakan dalam proyek-proyek irigasi, penampingan air dan kolam renang untuk mencegah kebocoran dan kehilangan air. Dengan mengaplikasikan geomembrane yang tahan terhadap penetrasi air, dapat dihindari terjadinya kerugian air yang signifikan.

2. Pelindung Terhadap Kontaminasi : Berfungsi sebagai penghalang terhadap kontaminasi. Dalam industri kimia, limbah padat, atau tempat pembuangan sampai, geomembrane ini di tempatkan di bawah tanah untuk mencegah bocornya zar berbahaya ke dalam tanah atau sumber air tanah. Geomembrane yang berkualitas tinggi memiliki daya tahan terhadap bahan kimia yang korosif, sehingga melindungi lingkungan dari pencemaran.

Geomembrane
Geomembrane

3. Stabilisasi Tanah : Dapat digunakan sebagai elemen pengen dalian erosi dan stabilisasi tanah. Saat digunakan di lereng atau area yang rawan longsor, geomembrane ini membantu menhaga kestabilan tanah dengan mencegah erosi dan pergeseran tanah. Dengan menggunakan material ini, dapat dilakukan konstruksi yang lebih aman dan terhindar dari bencana alam seperti longsor dan erosi.

4. Pengolahan Limbah Cair : Fungsi lain dari geomemebran adalah dalam pengolahan limbah cair. Material ini digunakan sebagai lapisan penyaring untuk menghalangi kontaminan atau zat berbahaya agar tidak masuk kelingkaran sekitar. Dalama instalasi pengolahan loimbah, geommebrane berperan penting dalam men jaga kebersihan dan keamanan air tanah dan permukaan.

5. Ketahanan terhadap UV dan Iklim Ekstrem : Geomembrane yang berkualitas tinggi dirancang untuk yahan terhadap paparan sinar UV dan kondisi cuaca ekstrem. Ini berarti material ini mampu bertahaan dalam kondisi iklim yang keras, seperti suhu tinggi, hujan lebat, dan sinar matahari yang kuat tanpa mengalami kerusakan atau degradasi.