Perbedaan Geogrid dan Geotextile

Perbedaan Geogrid dan Geotextile

Pernah mendengar dua produk ini? ya ini adalah produk yang berbeda, sering kali orang bingung mengenai Perbedaan Geogrid dan Geotextile. Yuk mari kita cari tahu bersama mengenai kedua Produk ini agar kalian tidak salah mengartikan.

Geogrid dan Geotextile adalah produk yang termasuk dalam Geosynthetic material. Geosynthetic sendiri adalah bahan – bahan yang membantu memecahkan masalah teknik sipil juga untuk perkuatan tanah.

Geogrid dan Geotextile memiliki bentuk serta fungsi yang juga berbeda pastinya. dua produk ini juga memiliki jenis berbeda juga. Mulai dari Geotextile yang memiliki jenis woven dan non woven, Serta Geogrid yang memiliki jenis Biaxial, Uniaxial, Triaxial.

GEOGRID

Material unik ini merupakan lembaran berbentuk rakit yang berlubang-lubang dihamparkan di atas tanah dasar untuk menciptkan struktur tanah yang lebih kuat.

Geogrid lebih berfungsi sebagai tulangan atau perkuatan dan tidak memiliki sifat-sifat pada material geotextile seperti pemisah, drainase, filtrasi, dan penghalang air.

material ini mempunyai beberapa jenis. Ada Unixial, Biaxial, dan Triaxial. Dari ketiga jenis Geogrid itu sudah pasti mempunyai perbedaan satu sama lain. Untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung aja cek di website ini ya !

GEOTEXTILE

perbedaan geogrid dan geotextile

Geotextile adalah salah satu material yang paling banyak digunakan. Dimana letak geografis Indonesia sebagian besar kondisi tanahnya adalah tanah lunak. Diatas adalah contoh materialnya, Produk ini memiliki 2 macam jenis, Yaitu Woven dan Non Woven.

Material geotextile ini sangat membantu dalam perkuatan tanah dengan biaya yang relatif murah dibandingkan dengan metode perkuatan tanah lainnya. Selain itu dari segi memiliki daya tahan yang baik sehingga tanah tidak mudah ambles.

perbedaan geogrid dan geotextile

Woven dan Non Woven memiliki bentuk atau teksture bahan yang berbeda. Woven seperti gambar diatas berwarna hitam sendiri memiliki teksture seperti terpal dengan pembuatannya yang dianyam. Sementara Non Woven memiliki bentuk teksture seperti Karpet .

Untuk masalah fungsi keduanya hampir sama, masalah kuat tarik Woven lebih unggul dalam hal itu serta kuat beban yang ditampung dibandingkan Non Woven itu sendiri.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA : PERBEDAAN WOVEN DAN NON WOVEN

Mengenai pemesanan dan informasi lebih lanjut hub :
PT. MAXPRO KURNIA MEGAH
Taman Anyelir Block C2/15,
JL. Raya Sekneg, Kebon Nanas, Cikokol, Kota Tangerang
(021)22292226
+6282113491818 // 081292571188
Instagram : maxprogeosynthetic_ID
sales@maxprokurnia.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *