PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD)

Vertical Drain adalah material Geosintetik (Geokomposit) yang terdiri atas 3 inti dimensi sebagai material drainase dan lapisan penutup di kedua sisi berupa Geotekstil sebagai filter, diaplikasikan untuk mengatasi permasalahan konsolidasi pada tanah yang lempung lunak.

Vertical Drain berbentuk seperti bahan pita yang panjang dan memiliki kelebaran 10cm merupakan bahan drainase yang ditanam kedalam tanah lunak berbutir halus dengan kandungan air yang sangat tinggi sehingga terjadi efek konsolidasi tanah.

Fungsi utama Prefabricated Vertical Drain (PVD) adalah mempercepat proses pengaliran air pori sehingga proses konsolidasi tanah menjadi lebih cepat. Prefabricated Vertical Drain (PVD) dapat mempercepat waktu konsolidasi hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan tanpa PVD atau vertical drain. PVD ditanam secara vertikal ke dalam tanah untuk mengalirkan air dari lapisan tanah lunak ke permukaan. Setelah proses konsolidasi mencapai tingkat yang diinginkan, maka penurunan tanah terjadi sehingga konstruksi jalan raya, kereta api, tanggul, landasan pesawat, areal penimbunan terbuka lainnya dapat dibangun di atasnya dengan aman.

Keunggulan material PVD, sebagai berikut :

1. Fleksibel dan memiliki kekuatan serta tensile strength yang tinggi
2. Memiliki kapasitas pengaliran air yang tinggi
3. Tahan terhadap zat kimia yang berpotensi merusak material PVD
4. Tahan terhadap perubahan temperatur
5. Ramah lingkungan
6. Diproduksi di Indonesia

 

Vertical Drain
Pemasangan Vertical Drain

Sumber :  https://maxprokurnia.co.id/product/prefebricated-vertical-drain/ http://www.verticaldrain.geoforce-indonesia.com/

Baca juga : GEOMEMBRANE Keuntungan dan kerugian penggunaan plastik cor Fungsi Plastik Cor

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *