Seputar Geotextile Woven

A. Pengertian Geotextile

Geotextile adalah Bahan permeable yang saat ini sedang populer pada pengerjaan proyek konstruksi di Indonesia terutama dalam bidang infrastruktur jalan. Terlebih jenis tanah di Indonesia sendiri sangat beragam, seperti di Sumatera yg memiliki tekstur tanah yang lunak dan di Kalimantan dengan tekstur tanah gambut, disitu lah peran Geotekstile, untuk menstabilkan tanah yg akan digunakan. Tidak hanya untuk menstabilkan tanah, Geotekstil juga bisa digunakan sebagai filter penahan gelombang di tepian pantai maupun lepas pantai.

Penggunaan bahan sintetik ini berkaitan dengan sifat ketahanan (durabilitity) material sintetik terhadap senyawa-senyawa kimia, pelapukan, keausan, sinar ultra violet dan mikroorganisme. Polimer utama yang digunakan untuk pembuatan geosintetik adalah Polyester (PET), Polyamide (PM), Polypropylene (PP), dan Polyethylene (PE). Sumber : https://tekniksipilumb.wordpress.com/2014/10/01/geotextile/

 

Geotextile Woven

1. Pengertian Geotextile Woven 

Geotextile Woven merupakan salah satu dari macam dari jenis geosynthetics yang dibuat dari bahan dasar serat sintetis yang di tenun (sliim film) geotextile jenis ini mirip sekali dengan karung plastik. akan tetapi dengan fungsi dan bahan yang sangat berbeda geotextile jenis ini di gunakan biasanya sebagai perkuatan yang memerlukan tensile strength yang cukup tinggi.

 

Sumber : https://maxprokurnia.co.id/product/geotextile-woven/

 

Bahan baku material ini adalah Polypropylene polymer (PP) dan ada juga dari Polyester (PET) yang didukung oleh hasil test dan hasil riset di laboratorium, mengikuti standar ASTM, antara lain : kekuatan tarik, kekuatan terhadap tusukan, sobekan, kemuluran dan juga ketahanan terhadap mico organisme, bakteri, jamur dan bahan-bahan kimia.

Material ini dibuat dalam berberapa macam tipe. Pemilihan tipe yang tepat tergantung pada kondisi tanah dasar, fungsi dan beban yang direncanakan.

Sumber : https://tekniksipilumb.wordpress.com/2014/10/01/geotextile/

2. Fungsi Geotextile Woven

Untuk mengatasi masalah untuk perbaikan tanah khususnya yang terkait di bidang teknik sipil secara efisien dan efektif, antara lain untuk mengatasi atau menanggulangi masalah pembuatan jalan dan timbunan pada dasar tanah lunak, tanah rawa.

 

Sumber : https://maxprokurnia.co.id/product/geotextile-woven/ 

 

Read More : Seputar Geotextile Non Woven Apa Perbedaan Geotextile Woven & Non Woven? Geotextile Woven Ini Lebih Kuat dari yang Standard!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *