English EN Indonesian ID

Pengaplikasian Pemasangan Menggunakan Geotextile

Dipublikasikan oleh Ajeng putri pada

Pada umumnya Geotextile banyak digunakan pada berbagai pekerjaan, berikut adalah beberapa contoh pekerjaan yang menggunakan Geotextile :

1. KONSTRUKSI JALAN
Pada konstruksi jalan, Non Woven Geotextile yang mempunyai kekuatan tarik tinggi berfungsi sebagai lapisan separator atau pemisah antara lapisan tanah dengan sebuah lapisan perkerasan diatasnya sehingga material perkerasan tetap terjaga dalam menyebarkan tegangan.

2. PADA LAHAN
Untuk lahan, Geotextile ini dapat diaplikasikan di lahan yang akan direklamasi / timbun. Sehingga material timbunan tidak bercampur dengan lumpur / tanah dasar, penimbun pun menjadi lebih efisien dan hemat.

3. PADA PANTAI
Pada pantai, Geotextile Non Woven yang dikombinasikan dengan batu atau tetrapad dapat digunakan sebagai penahan erosi, sehingga pasir tidak terbawa arus atau ombak. Dan dapat juga di pasang dibawah tumpukan batu / tetrapad pada breakwater / pemecah gelombang. Fungsi dari Non Woven disini adalah sebagai filter dan separator.

4. PADA JALUR KERETA API
Pada jalur kereta api, Geotextile dapat digunakan sebagai separator antara tanah dasar dengan batu-batu pecah, sehingga lapisan tersebut juga terjaga ketebalan dan karakteristiknya. Dan terciptalah jalur yang kuat.

5. PEMELIHARAAN BETON
Geotextile juga dapat digunakan sebagai bahan pemeliharaan beton setelah pengecoran sebagai pengganti karung goni. Proses pengecoran berguna untuk mencegah hilangnya air pada beton bereaksi / mengeras, agar mutu beton yang direncanakan bisa tercapai dari sisi kualitas dan waktu.

Sumber : https://maxprokurnia.co.id/ https://www.hiloninside.com/blog/5-contoh-pengaplikasian-pekerjaan-menggunakan-geotextile/

Baca juga : Seputar Geopipe Dan Drainage Cell Definisi Geomembrane Dan Kegunaannya Kelebihan Cocomesh Sabut Kelapa

Please rate this


Ajeng putri

Writing Is My Passion And Words Are My Escape

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *