Membuat Taman Atap

Membuat Taman Atap

Roof Garden

Adalah sebuah taman yang berada di atap rumah. Pada saat ini roof garden mempunyai peran yang cukup penting, apalagi pada perkotaan. Karena kualitas udara bersih diperkotaan sudah menurun. Tapi untuk membuat taman pastinya perlu lahan yang luas, karena lahaan diperkotaan sudah sangat terbatas jadi, Roof Garden adalah solusinya.

Hal-hal Yang Diperhatikan  Sebelum Membuat Roof Garden

1. Beri pembatas halaman
Fungsi pagar tersebut tentu saja untuk melindungi pengunjung Rooftop dari hal-hal yang berbahaya

2. Berikan tema Roof Garden
Dengan memberikan tema, Anda dapat mengetetahui spot foto yang akan dibangun dan furnitur apa yang cocok untuk mengisinya.

3. Tanaman
Tidak semua tanaman cocok untuk diletakan di atap rumah. Faktor angin dan matahari sangat menentukan. Maka, pilih tanaman yang akarnya tidak berserabut, kuat menghadapi terpaan angin, dan tumbuh subur ketika terkena paparan sunar matahari langsung.

4. Saluran Irigasi
Akan ada banyak sekalai tanaman yang ditanam di atas atap. Maka otomatis tanaman itu butuh disiram setiap harinya. Oleh sebab itu, Anda perlu menyediakan saluran irigasi sebagai tempat aliran air yang digunakan untuk menyiram tanaman dan menampung air hujan.

5. Atur tata letak

Tahap Membuat Taman Atap

1. Buatlah atap dak beton dengan kemiringan 20-30 derajat. Konstruksinya menggunakan material cor beton bertulang dengan besi berdiamater 8mm. Ukuran setiap kolom beton 20cm X 20cm, tebal lantai dak 20cm untuk luasan 50m2.

2. Buat dak tanaman ditepi dak beton, bisa berbentuk kotak, bulat, oval, atau kombinasi, asal bentuknya sesuai dengan luas dak yang ada. Bak ini berfungsi sebagai wadah tanaman.

3. Lapisi dak beton dan bak tanaman dengan material waterproofing. Fungsinya untuk mencegah air merembes ke ruangan di bawahnya, juga melindungi tulang besi pada balok kolom dan lanta

4. Buat instalasi air bersih dan kotor. Instalasi air bersih untuk menyiram tanaman, yang berhubungan langsung dengan pompa air atau bak penampung air. Perhatikan juga instalasi air buangan yang tersambung dengan tepi dak terendah, lalu hubungkan ke pipa talang air menuju bak resapan di tanah dan ke saluran pembuangan air.

5. Pasang ijuk atau cocomesh—sejenis serabut kelapa—di atas dak beton berjajar teratur dengan ketebalan 10cm. Fungsi ijuk untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.

6. Tuang tanah merah dan humus sebagai media tanam. Kandungan pH tanah yang baik berkisar 5-7

7. Tanam rumput diatasnya. Tanam tanaman berakar serabut pada bak tanaman. Jenis tanaman rambat dapat ditanam di tepi pagar atau dinding, sedangkan tanaman rendah pada bak dan tepi taman. Tanam juga tanaman berbunga agar tampilan taman lebih indah.

8. Pasang pagar di bagian depan dan belakang taman. Pagar dapat terbuat dari besi, bambu, atau kayu, asal kuat dan aman. Lebih baik jika pagar memiliki pintu, sehingga Anda seperti berada di pekarangan rumah.

 

Membuat Taman Atap
Membuat Taman Atap
Membuat Taman Atap
Membuat Taman Atap

Sumber artikel : https://biz.kompas.com/read/2017/03/27/183102828/membuat.roof.garden.bikin.rumah.sehat.sekaligus.kekinian https://jawaracorpo.com/Langkah-Langkah-Membuat-Roof-Garden-.html

Baca juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *